PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

(Studi Di Desa Sumber Agung Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat)

Authors

  • Sabdo Reno Kuncoro Universitas Palangka Raya

Keywords:

Peran, Kepala Desa, Administrasi Kependudukan

Abstract

Kepala Desa merupakan bagian dari Pemerintahan Desa dan memegang tugas dan kewajiban untuk kelangsungan dan keberhasilan Pemerintah Desa. Dalam suatu organisasi Pemerintah Desa senantiasa perlu memiliki suatu daya kesanggupan, keterampilan, pengetahuanterhadappekerjaandalammeningkatkanpelayananadministrasikependudukan kepada masyarakat.

Permasalahan yang akan di bahas di skripsi ini adalah Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Sumber Agung Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kotawaringin Barat.

Adapun metode penulisan yang di gunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan metode pendekatan kualitatif. Mengumpulkan sekaligus menganalisis hasil wawancara secaramendalam.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisaPeran KepalaDesaDalamMeningkatkanPelayananAdministrasiKependudukandiDesaSumber Agung serta untuk mendeskripsikan dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan AdministrasiKependudukan.

HasilpenelitianmenunjukanPeranKepalaDesasebagaiseorangPencipta,Perencana, Wakil Kelompok atau Desa, Sebagai Seorang Ahli, Pengawas dan Penanggung Jawab Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Sumber Agung sudah bisa di katakana berjalan dengan baik terbukti masyarakat tidak mengeluh tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan dan masyarakat sudah merasakan mudah mendapatkan informasi, melengkapi dan mengurus Administrasi Kependudukan yang baik dancepat

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-01