KAJIAN PELAYANAN PDAM PALANGKA RAYA TERHADAP DEBIT PEMAKAIAN AIR DI TINGKAT KONSUMEN (STUDI KASUS: KECAMATAN JEKAN RAYA)

Yusep Rianto, Hendro Suyanto, Allan Restu Jaya

Abstract


Dalam memenuhi kebutuhan dan pelayanan air bersih bagi masyarakat di Kota Palangka Raya khususnya Kecamatan Jekan Raya, perlu diadakan perhitungan untuk jumlah kebutuhan air bersih. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat unjuk kerja pelayanan PDAM Kota Palangka Raya dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Jekan Raya. Sehingga tidak terjadi kekurangan yang dapatĀ  merugikan masyarakat di Kecamatan Jekan Raya. Tujuan dan manfaat penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja layanan PDAM Kota Palangka Raya terhadap debit berupa keandalan, kelentingan, dan kerawanan jaringan distribusi air bersih. Untuk memenuhi tujuan penelitian di atas, disusun rancangan penelitian yang meliputi: 1) Peninjauan Lokasi, 2) Pengumpulan Data, dan 3) Analisis Data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, tingkat unjuk kerja layanan jaringan air bersih PDAM Kota Palangka Raya di Kecamatan Jekan Raya dari Tahun 2014 s.d. Tahun 2016 dengan keandalan sebesar 86,67% dengan kondisi gagal sekitar 6,32 bulan.

Kata Kunci: Unjuk Kerja, Kelentingan, Keandalan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.