STRATEGI PEMASARAN ABON IKAN GABUS STUDI KASUS INDUSTRI RUMAH TANGGA KELOMPOK TAMPUNG PAREI PALANGKA RAYA

Authors

  • Frisca Siburian Universitas Palangka Raya
  • H. Ahmad Zaki Yamani Universitas Palangka Raya
  • Revi Sunaryati

DOI:

https://doi.org/10.52850/jsea.v15i1.1042

Keywords:

Marketing mix, matriks SWOT, strategi pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana marketing mix yang digunakan di
Kelompok Tampung Parei, untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi
kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dengan metode analisis IFAS dan EFAS dan untuk
merumuskan alternatif strategi yang memungkinkan untuk diterapkan di Kelompok Tampung
Parei dengan Matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Industri rumah
tangga pengolahan abon ikan gabus Kelompok Tampung Parei sudah menjalankan strategi
marketing mix, yaitu produk abon ikan gabus memiliki merek produk dengan nama “Laok
Behau”, harga jual produk abon ikan gabus yaitu sebesar Rp.50.000/100 gr, saluran distribusi
yaitu saluran pemasaran langsung yaitu industri menerima pesanan abon ikan Gabus dari para
konsumen, dan saluran tidak langsung, industri Kelompok Tampung Parei telah berkerjasama
dengan beberapa agen penjual, Kegiatan promosi dilakukan dengan personal selling; (2)
Kekuatan utama dalam industri rumah tangga Kelompok Tampung Parei berada pada variabel
perizinan produk memberikan kepercayaan kepada konsumen dengan skor 0,68. Kelemahan
utamanya berada pada variabel peralatan produksi yang sederhana dengan skor 0,48. Peluang
utama industri rumah tangga kelompok tamping parei berada pada variabel adanya perhatian
pemerintah dan peluang pasar yang masih terbuka luas dengan skor 1,36. Selanjutnya
ancaman utama berada pada variabel adanya persaingan usaha dengan skor 1,26; (3)
Alternatif strategi yang dapat diterapkan pada industri rumah tangga kelompok tampung parei
adalah strategi SO yaitu dengan memanfaatkan dukungan pemerintah dalam memperluas
jaringan distribusi dan daerah pemasaran produk, mengingat peluang pasar yang masih
terbuka dengan berkembangnya wisata di daerah Kalimantan Tengah, khususnya di Kota
Palangka Raya dan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk
pengembangan industri, melalui penggunaan alat teknologi dalam proses produksi yang dapat
memberikan kemudahan dalam pengolahannya dan dapat mengurangi lama produksinya,
penggunaan teknologi informasi yang tepat guna juga dapat membantu dalam kegiatan
promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-03-2020