PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan)

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v9i2.1535

Keywords:

Pembangunan, Masyarakat, Partisipasi, Pengambilan keputusan

Abstract

Pembangunan memiliki tujuan utama yaitu untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, pada saat ini pemerintah gencar-gencarnya melakukan pembangunan desa demi mewujudkan kehidupan masyarakat pedesaan yang mandiri, maju, sejahtera dan berkeadilan. Menyangkut masalah pembangunan tak lepas adanya peran masyarakat dalam pelaksanaannya. Karena dengan partisipasi masyarakat inilah pemerintah ikut melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan. Berdasarkan analisi data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dalam partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pembangunan desa dilakukan melalui kehadiran rapat, sumbangan pemikiran, diskusi dan tanggapan atau penolakan terhadap program yang ditawarkan yang dapat dikatakan tidak semua masyarakat dapat berpartisipasi. Kemudian terdapat juga faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pembangunan desa.

 

Kata kunci: Pembangunan, Masyarakat, Partisipasi, Pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-14 — Updated on 2021-01-09

Versions

How to Cite

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan). (2021). Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 9(2). https://doi.org/10.37304/jispar.v9i2.1535 (Original work published July 14, 2020)

Issue

Section

Articles