SURVEI KESEHATAN DAN STATUS GIZI ANAK DI DESA TUMBANG RUNGAN, KOTA PALANGKA RAYA

Penulis

  • Dian Mutiasari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas
  • Ni Nyoman Sri Yuliani Departemen Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Ni Made Yuliari KSM Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Indonesia

Kata Kunci:

kesehatan anak, remaja, gizi

Abstrak

Latar Belakang Masalah : Kesehatan anak menjadi perhatian penting bagi dunia dan di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah. Hal ini berdasarkan data Riskesdas tahun 2018 bahwa Kalteng menjadi provinsi urutan ke-15 dalam proporsi status gizi buruk dan gizi kurang balita, urutan ke 5 dalam proporsi status gizi sangan pendek dan pendek, dan menjadi provinsi urutan ke 4 dalam proporsi status gizi kurus dan sangat kurus pada balita. data Riskesdas status gizi remaja perempuan di provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 indeks TB/U persentase pendek sebesar 36,8% dan sangat pendek sebesar 10,5%. Sarana kesehatan yang berada di wilayah Desa Tumbang Rungan dapat dikatakan kurang memadai, baik dalam kuantitas maupun kualitas. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin  melakukan pemeriksaan status kesehatan dan status gizi anak-anak di desa Tumbang Rungan.

Metode Penelitian : penelitian deskriptif observasional secara cross sectional. Sampel diambil dengan purposive sampling siswa SD Tumbang Rungan dan SMP Satu Atap Tumbang Rungan. data penelitian meliputi data karakteristik responden,  pemeriksaan antropometri (tinggi badan, berat badan), dan pemeriksaan fisik (tekanan darah, rambut, gigi mulut, mata, telinga, kulit, jantung, paru).

Hasil: subyek penelitian sebanyak 20 orang mengalami 55% status gizi kurang dan buruk (BB/U), 55% stunting (TB/U), 20% sangat kurus (IMT/U). Kesehatan organ kulit, rambut, kuku dan gigi masih masuk dalam keadaan tidak sehat.

Kesimpulan : Masalah kesehatan gizi pada anak dan remaja di kelurahan Tumbang Rungan menjadi problem utama.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Cara Mengutip

Dian Mutiasari, Ni Nyoman Sri Yuliani, & Ni Made Yuliari. (1). SURVEI KESEHATAN DAN STATUS GIZI ANAK DI DESA TUMBANG RUNGAN, KOTA PALANGKA RAYA . JURNAL KEDOKTERAN, 7(2), 848-852. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JK/article/view/588

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama