Panduan Penulisan Artikel JJMS dapat diunduh disini

 

BAGIAN JUDUL,  AFFILIASI DAN ABSTRAK

Panduan Pembuatan Makalah dalam Format Dua-Kolom untuk Jurnal Jejaring Matematika dan Sains (Times New Roman, 16 bold)

Title in English (Times New Roman, 16 regular)

Nama penulis lengkap dipisahkan dengan koma: Nama Satu1, Nama Dua2 (Times New Roman, 11)

1Nama institusi masing-masing penulis jika berbeda disesuaikan (Times New Roman, 9)

2Alamat institusi masing-masing penulis jika berbeda disesuaikan (Times New Roman, 9)

Alamat email (umumnya hanya untuk penulis pertama atau corresponding author)(Times New Roman, 9)

Abstrak – Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Abstract). Jumlah kata pada abstrak antara 100 – 250 kata yang merupakan intisari dari artikel ilmiah. Abstrak berisi:  tujuan, metode, hasil, simpulan dan implikasi yang disajikan dalam bentuk deskripsi singkat dan lugas. Penjabaran dari isian tersebut akan dipaparkan dalam bahasan artikel. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan format satu kolom dan ukuran font 10 pt, rata kanan dan kiri (justify), dan konten yang terdapat pada artikel dtulis dengan times new roman 10 pt.

Kata kunci: minimum 5 kata kunci, pisahkan dangan tanda koma

Abstract – The abstract writes in two languages Indonesian and English (Abstract). The number of words in the abstract is between 100 - 250, which is the essence of scientific articles. The abstract contains objectives, methods, results, conclusions, and implications presented in the form of a brief and straightforward description. The description of the contents must be explained in the discussion of the article. The abstract in one paragraph with the format of one column and the font size of 10 pt, flattened right and left (justify), and the content contained in the article is written in Times New Roman 10 pt..

Keywords: minimum of 5 words, separated by a comma

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan harus menunjukkan tujuan studi dan informasi latar belakang yang penting serta keterbaruan dari penelitian yang diakukan. Pendahuluan dengan jelas menyatakan hipotesis atau pernyataan tujuan, bagaimana dan mengapa tujuan atau hipotesis dikembangkan dan mengapa penulis memandang penting. Bagian ini harus diakhiri dengan pernyataan singkat dari apa yang dilaporkan dalam artikel.

Simbol kimia standar dan singkatan dapat digunakan dalam teks, tetapi istilah penuh harus diberikan pada pertama kali disebutkan. Unit pengukuran harus dituliskan kecuali bila didahului dengan angka . Jika tidak ada-satuan metrik pengukuran yang digunakan, metrik setara harus disebutkan. Nama ilmiah lengkap setiap organisme harus dikutip ketika pertama kali disebutkan dalam teks. Nama generik dapat disingkat setelahnya, kecuali bila ada referensi untuk generik lain. Penggunaan nama umum harus disertai dengan nama ilmiah yang benar pada penggunaan pertama.

Makalah dipersiapkan dalam bentuk softcopy dengan format ukuran kertas A4. Batas tepi: atas 2 cm, bawah  2,26 cm, sisi luar  1,5 cm, sisi dalam 2,3 cm (mirror margins). Lebar kolom pada A4 adalah 8,6 cm. Jarak antara dua kolom adalah 0,8 cm. Ukuran paragraf menjorok (indent) adalah 0,35 cm. Jenis huruf menggunakan Times New Roman ukuran 10 points.

Tiap kolom diatur rata kiri-kanan (justify). Gunakan tabel dan gambar dengan penyesuaian terhadap panjang lebar kolom. Pada tiap halaman makalah, panjang kolom kiri dan kanan diatur agar sama besar (rata bawah). Gunakan tanda hubung otomatis dan pemeriksa ejaan (bila tersedia).

METODE PENELITIAN

Posisi gambar dan tabel berada pada awal atau akhir kolom. Hindari penempatan pada tengah kolom. Gambar besar dan tabel dapat diperlebar memenuhi kedua kolom seperti pada Gambar 1 dan Tabel 1. Judul gambar ditempatkan di bawah gambar dengan posisi rata tengah; judul tabel berada di atas tabel dengan posisi rata kanan kiri (justify). Hindari penempatan gambar dan tabel sebelum disebutkan di teks. Semua Gambar dan Tabel diacu di teks (ada uraiannya di teks makalah). Sebagai contoh Tabel 2 merupakan contoh format tabel dan Gambar 2 merupakan contoh gambar spektrum. Hindari memaparkan tabel dan gambar tanpa penjelasan di teks makalah.

Label sumbu-sumbu koordinat pada gambar berupa grafik seringkali dapat membingungkan. Gunakan kata, bukan simbol. Sebagai contoh, tulis “Kemagnetan,” atau “Kemagnetan (M)” daripada hanya menggunakan “M.” Tempatkan unit dalam tanda kurung. Jangan beri label pada sumbu koordinat hanya dengan unit. Sebagai contoh, tulis  “Kemagnetan (A/m)” atau “Kemagnetan (A⋅m-1).” Jangan beri label pada sumbu koordinat dengan rasio atau kuantitas dan unit. Sebagai contoh, tulis “Temperatur (K),” bukan “Temperatur/K.”

Simbol pengali juga dapat membingungkan. Tulis “Kemagnetan (kA/m)” atau “Magnetisasi (103 A/m).” Label gambar harus dapat dibaca, besarnya sekitar 10-point.

Nomor catatan kaki secara berurutan berada dalam kurung persegi [1]. Tanda baca diikuti kurung persegi [2]. Penulisan acuan mengikuti nomor pustaka, seperti pada [3]. Gunakan “Ref. [3]” atau Pustaka [3]” pada awal kalimat: “Pustaka [3] merupakan yang pertama …”

Nomor catatan kaki dipisah di huruf superkrip. Tempatkan catatan kaki terbaru pada bagian bawah kolom di mana kutipan tersebut berada. Jangan tempatkan catatan kaki pada bagian pustaka. Gunakan huruf superskrip untuk catatan kaki pada tabel (lihat Tabel 1). Acuan lebih dari satu ditulis [1,3,5] kalau berurutan [1,2,3] ditulis [1-3].

Berikan semua nama penulis jika dimasukan dalam tubuh tulisan, gunakan “et al” jika terdapat lebih dari tiga penulis. Makalah yang belum pernah dipublikasikan, bahkan jika telah diajukan untuk publikasi, harus ditulis sebagai kutipan “unpublished” [4].

Makalah yang telah diterima untuk publikasi harus ditulis sebagai kutipan “in press” [5]. Pada judul makalah, huruf pertama tiap kata harus besar kecuali kata sambung, kata preposisi kurang dari tujuh huruf, dan begitu juga frase preposisi.

Untuk makalah yang dipublikasikan pada jurnal terjemahan bahasa lain, pertama berikan kutipan bahasa Indonesianya, lalu menyusul bahasa penerbitannya [6].

Jumlah pustaka minimal 10 buah, 80% dari artikel jurnal mutakhir (< 10 tahun).

1. Singkatan dan Akronim

Definisikan singkatan dan akronim pada kali pertama mereka digunakan pada teks, bahkan jika telah didefinisikan di abstrak. Singkatan seperti IEEE, SI, MKS, CGS, ac, dc, dan rms tidak perlu didefinisikan. Jangan gunakan singkatan pada judul kecuali jika benar-benar tak dapat dihindari.

2. Persamaan

Penomoran persamaan dilakukan secara berurutan, dengan nomor persamaan ditulis di dalam tanda kurung dan rata kanan, contohnya (1). Untuk penulisan kuantitas dan variabel gunakan simbol Italic Roman. Gunakan tanda dash  (–) untuk menandakan tanda minus. Gunakan tanda kurung ( ) bagian penyebut atau pembagi untuk menghindarkan kekeliruan. Gunakan Microsoft Equation yang dapat diedit. Berilah tanda baca koma pada persamaan jika persamaan tersebut berada dalam kalimat.

jika disebutkan dalam suatu kalimat maka cukup menuliskan ”(1)” atau  “persamaan (1)”, kecuali pada awal kalimat tidak dituliskan dengan memakai tanda koma setelah tanda kurung. Contohnya “Persamaan (1) adalah…”

3. Lain-lain

Gunakan tanda penghubung pada kata-kata yang dimodifikasi seperti ”zero-field-cooled magnetization”, hindari susunan kalimat yang tidak beraturan seperti, “Dengan menggunakan (1), beda potensial telah dihitung”, penulisan yang baik ialah “beda potensial dihitung dengan menggunakan persamaan (1),” atau “dengan persamaan (1), kita hitung beda potensial”.

Angka desimal tidak ditulis “,25”. Gunakan angka nol sebelum titik untuk menuliskan angka desimal ” 0,25”. Gunakan  “cm3,” bukan “cc.” Tidak mencampurkan kata seutuhnya dengan singkatan dalam penulisan besaran fisis, misalnya: “weber/m2” melainkan “Wb/m2”. Gunakan kata seutuhnya ketika menulis unit satuan fisis dalam suatu kalimat: “beberapa henry..”. 

 

HASIL DAN PEMBAHASAN  

Hasil dan Pembahasan harus dimasukkan ke dalam satu bagian. Setiap hasil harus diikuti dengan pembahasannya. Bagian ini dapat dibagi menjadi subbagian dengan singkat, judul informatif. Referensi diberi nomor dan nomor ditulis untuk setiap setiap kali referensi yang dikutip dalam teks.

 

SIMPULAN

Tulis kesimpulan sedapat mungkin dalam 1 alinea, bukan dalam bentuk butir-butir.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini.

 

REFERENSI

 Pada bagian Referensi, diberikan beberapa contoh yang relatif banyak digunakan oleh jurnal-jurnal internasional dengan format penulisan Institute of Electrical Engineers (IEEE). Disarankan menggunakan aplikasi Mandeley atau Zotero. Ukuran font 9, contoh cara penulisan sebagai berikut menggunakan IEEE style :

1. Artikel dalam Jurnal

[##] Pengarang(s), “Judul artikel,” Judul Jurnal, vol.#, no.#, hal, bulan dan tahun terbit.

Contoh :

[1] S.K. Kenue, “Limited angle multifrequency diffraction tomography,” IEEE Trans. Sonic Ultrason, vol. SU-29, no. 6, pp. 213-217, July 1982.

 

2. Buku

Keseluruhan buku

[##] Pengarang(s), Judul Buku, Edisi (jika ada), Tempat Publikasi: Penerbit, Tahun terbit.

 

Contoh :

[2] P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physics. New York: McGraw Hill, 1953.

 

Bagian dari buku

[##] Pengarang(s), “Judul Bab,”, Judul Buku, Edisi (jika ada). Tempat Publikasi : Penerbit, Tahun, halaman.

 

Contoh :

[3] P.S. Meszaros, S.Lee and A. Laughlin, “Information processing and information technology career interest and choice among high school students,” Reconfiguring the Firewall, Wellesley: A K Peters, 2007, 77-86.

 

3. Artikel dari Proceding (seminar/workshop)

[##] Pengarang (s), “Judul artikel”, Judul Proceding, hal, tanggal pelaksanaan seminar, tahun.

 

Contoh :

[5] R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, a programming system for automation,” in Proc. Fourth Int. Join Conf Artif.Intel., pp. 758-765, Sept. 3-7, 2006.

 

4. Online/website

[##] Pengarang (s), “Judul dokumen,” Judul website atau pemilik, Tanggal Publikasi. [Online]. Tersedia : URL [Diakses tanggal bulan tahun].

 

Contoh :

[13] B. Paynter, “Robodinos: what could possibly go wrong?”, Wired, 20 Juli 2009, [Online]. Tersedia: http://www.wired.com/entertainment/magazine/17-08/st_robotdinos [Diakses: 25 Juli 2010].