Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Keywords:
Motivasi Belajar Matematika, Problem Based LearningAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi
belajar matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Parenggean.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan subjek penelitian 25 siswa.
Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan
terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen
penilaian afektif dengan menggunakan angket motivasi belajar matematika
siswa dan tes pilihan ganda untuk melihat hasil belajar kognitif matematika
siswa. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan kondisi awal
sebelum tindakan, akhir siklus I dan akhir siklus II secara kualitatif dan
kuantitatif. Siklus I motivasi belajar siswa menunjukkan skor 82,80
(rata-rata) terdiri dari 1 siswa (4%) kategori rendah, 13 siswa (52%)
rata-rata, 9 siswa (36%) kategori tinggi dan 2 siswa (8%) kategori sangat
tinggi serta keterlaksanaan pembelajaran PBL mencapai 79,68%. Pada
siklus II skor motivasi belajar siswa 93,44 (tinggi) dengan 4 siswa
(16%) kategori rata-rata, 15 siswa (60%) kategori tinggi dan 6 siswa
(24%) kategori sangat tinggi serta keterlaksanaan pembelajaran 90,63% .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan
model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 JPN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.