Penalaran Generalisasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Luas Permukaan Kubus di SMPN-2 Palangka Raya
Keywords:
luas permukaan kubus, penalaran generalisasi, pemecahan masalahAbstract
Penalaran matematika siswa-siswa di Indonesia masih lemah. Konsep
luas kubus dapat dipelajari dengan penalaran generalisasi. Tujuan
penelitian ini mendeskripsikan penguasaan penalaran generalisasi dalam
memecahkan masalah luas permukaan kubus. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII SMPN 2 Palangka Raya berjumlah 30 orang. Data
kemampuan penelitian diperoleh dengan tes esai yang telah divalidasi oleh
ahli. Jawaban siswa diverifikasi melalui wawancara mendalam. Jawaban
siswa dan rekaman wawancara dianalisis dengan tahap-tahap mereduksi
data, memaknai, dan menyimpulkan. Temuan hasil penelitian terlihat
bahwa siswa memiliki variasi pola penguasaan penalaran generalisasi
pada tahap-tahap G4; G3, G4 ; G1, G2, G4; dan G1, G2, G3, G4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 JPN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.