Penerapan Quantum Learning pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun 2018/2019

Authors

  • Niken Dewi FKIP Universitas Palangka Raya
  • Pantur Pandiangan FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Quantum Learning, Lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas guru dan
siswa selama penerapan Quantum Learning, 2) hasil belajar siswa setelah
penerapan Quantum Learning, 3) respon siswa terhadap penerapan
Quantum Learning. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran
2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3 SMP
Muhammadiyah Palangka Raya sebanyak 23 siswa. Instrumen penelitian
berupa lembar aktivitas guru dan siswa, soal tes akhir, dan angket respon
siswa. Tes akhir sebanyak 5 butir yang telah ditelaah oleh tiga rater dengan
hasil telaah bahwa soal tes akhir dapat digunakan. Berdasarkan lembar
observasi aktivitas secara keseluruhan aktivitas guru dan siswa terlaksana
dengan baik. Hasil tes individu pertemuan pertama tingkat ketercapaian
siswa 77,12% dan ketuntasan klasikal 81,82% dengan 18 siswa yang tuntas.
Pertemuan kedua dan ketiga, tingkat ketercapaian siswa mencapai 78,91%
dan ketuntasan klasikal sebesar 91,30% dengan siswa 21 siswa yang tuntas.
Pertemuan keempat, tingkat ketercapaian siswa mencapai 88,77% dan
ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan 23 siswa yang tuntas. Hasil tes
akhir dengan tingkat ketercapaian siswa mencapai 82,38% dan ketuntasan
belajar secara klasikal sebesar 90%. Pada hasil angket respon diperoleh
rata-rata jawaban siswa 84,75% dengan kriteria tinggi yang artinya secara
umum siswa merespon positif terhadap penerapan Quantum Learning
selama proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

How to Cite

Dewi , N., & Pandiangan, P. Penerapan Quantum Learning pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 21(1), 36-50. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1651