Profil Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Trigonometri

Keywords:

Profil, berpikir kreatif, trigonometri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
tingkat kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Palangka Raya
pada mata kuliah trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase siswa dengan TKBK 4; 3; 2; 1 dan 0 secara berturut-turut
sebanyak 10,35%; 17,24%; 20,69%; 34,48% dan 17,24%. Mahasiswa
memiliki TKBK 4 termasuk kriteria sangat kreatif.. TKBK 3 memenuhi
aspek kefasihan sekaligus fleksibilitas dari kriteria berpikir kreatif karena
mampu menerapkan suatu konsep atau rumus dengan cara yang berbeda- beda dengan benar dan perhitungan yang dilakukan juga tepat ketika
menyelesaikan masalah matematika TKBK 2 memenuhi aspek fleksibilitas
dari kriteria berpikir kreatif karena mampu memberikan suatu ide cara atau
penyelesaian yang berbeda tetapi tidak dieksekusi dengan baik sehingga
masih terdapat kesalahan perhitungan yang menyebabkan kesalahan pada
perhitungan yang lainnya ketika menyelesaikan masalah matematika. TKBK
1 memenuhi aspek kefasihan dari kriteria berpikir kreatif karena mampu
menyelesaikan masalah menggunakan satu cara atau penyelesaian dengan
benar dan tidak mampu memberikan cara yang berbeda dari sebelumnya.
TKBK 0 tidak mampu memenuhi aspek apapun dari ketiga kriteria berpikir
kreatif karena tidak mampu menyelesaikan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

How to Cite

Profil Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan, 21(1), 57-67. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1653