Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMKN-2 Palangka Raya

Authors

  • Sumarnie FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Kemampuan, Motivasi dan Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan signifikansi
pengaruh: 1) kemampuan guru terhadap prestasi belajar, 2) motivasi guru
dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar, 3) kemampuan dan motivasi
guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar di kelas XI Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri (SMKN-2) Palangka Raya. Metode yang
digunakan adalah metode survei tingkat asosiatif dengan hubungan kausal
variabel dan tipe data kuantitatif. Populasi penelitian yang merupakan
sampel total berjumlah 35 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
(SMKN-2) Palangkaraya. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan
regresi berganda pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan dan motivasi guru berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
(SMKN-2) Palangka Raya, dengan koefisien determinasi 82,40% dengan
persamaan regresi Y = 2,94 + 0,60X1 +0,68X2. Sedangkan 27,60%
dipengaruhi oleh hal-hal lain seperti belakang sosial siswa, kondisi
keluarga, kemampuan serta sikap guru memiliki andil yang sangat besar
dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

How to Cite

Sumarnie. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMKN-2 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 21(1), 68-75. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1654