Pengaruh Media Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk UKM Palangka Raya (Studi Pada Produk Kerupuk Basah Sambal Raja)
Keywords:
Media Sosial, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui Media Sosial secara parsial berpengaruh terhadap Minat Beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja Kota Palangka Raya, untuk mengetahui Kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap Minat Beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja Kota Palangka Raya, dan untuk mengetahui Media Sosial dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja Kota Palangka Raya.
Desain/Metode/Pendekatan: jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksplanatory dan yang menjadi sampel penelitian konsumen produk UKM Kerupuk Basah Sampal Raja sebanyak 50 responden. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dengan metode analisis kuantitatif dan pengolahan data menggunakan alat Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Temuan: Media Sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja, Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja, dan Media Sosial dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli produk UKM Kerupuk Basah Sambal Raja.
Orisinalitas: penelitian ini berkaitan media sosial, kualitas produk dan minat beli produk UKM dan menjadi menarik ketika produk yang diteliti adalah produk khas daerah yang pada gilirannya bersinggungan dengan perilaku mayarakat yang mendiami suatu wilayah.
Implikasi Praktis/Kebijakan (pilihan): penelitian ini memberikan pemahaman bahwa pentingnya media sosial telah merubah cara berbisnis atau cara menjalankan usaha, media sosial memperluas akses pasar untuk kemajuan bisnis, media sosial memberikan kesempatan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Downloads
References
Arianty, N., & Julita. (2019). The Impact Of Social Media Use On SME Progress. Journal of International Conference Procedings, 176-182. doi:10.32535/jicp.v2i3.660
Brogan, C. (2010). Sosial Media: 101 Tactics and Tips to Develop Your Business Online. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) (pp. 1-14). Jakarta Selatan: Universitas Muhammadiyah Jakarta. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/
Febriani, N. S., & Dewi, W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: pedoman penelitian untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen (5 ed.). Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Geraldine, Y. M., & Susanti, A. (2021, Juni). PENGARUH MEREK, KUALITAS PRODUK, MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK BRAND WARDAH. POINT, 3(1), 1-12. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/point
Hidayat, A. T., Elita, F. M., & Setiaman, A. (2012). Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 1-14. Retrieved from file:///C:/Users/asus/Downloads/1241-2415-1-PB.pdf
Hidayat, D. R., & Peridawaty, P. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (E-COMMERCE) KONSUMEN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Akuntansi, 1(2), 64-74.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2009). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Melyani. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Distriversa Buana (Studi Kasus pada Pemakai Balsem Cap Macan di Jakarta). Cakrawala, 16(2), 1-13. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1288/1060
Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015, January). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention, Case Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267-273. Retrieved from https://www.jmest.org/wp-content/uploads/JMESTN42350395.pdf
Muharam, Anisa Naafiula; Widaningsih, Sri; Mustikasari, Ati;. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk Boci Baso Aci (Studi Kasus Pada PT. AA Mapan Perkasa Tahun 2020). e-Proceeding of Applied Science. 7, pp. 625-634. Universitas Telkom. Retrieved from file:///C:/Users/asus/Downloads/15261-29958-1-SM.pdf
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi (keempat ed.). (N. S. Nurbaya, Ed.) Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Hootsuite .
Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Elex Media Komputindo.
Saffanah, N., & Amir, W. (2022). Implementasi fintech (e-wallet) dalam mengembangkan bisnis bagi pelaku umkm di kota makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Akuntansi, 2(1), 1-8.
Simamora, H. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Simamora, H. (214). Manajemen Sumber daya manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Susanti, T., & Sari, A. F. R. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sabun Lifebuoy di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Akuntansi, 1(2), 123-137.
Soeprapto, S. R., & Melinda, T. (2019, Januari). Dampak Media Instragram dan kualitas Produk Pada Minat Pembelian Frozen Empal. Media Mahardika, 17(2), 212-220. Retrieved from:/Users/asus/Downloads/78-Article%20Text-80-1-10-20190415.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.