Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Media Interaktif Scratch pada Era Society 5.0
Keywords:
Inovasi, Digital, Media Interaktif Scratch, Era Society 5.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pembelajaran digital melalui penggunaan media interaktif Scratch dalam mendukung pendidikan pada Era Society 5.0. Era ini ditandai dengan integrasi canggih antara dunia fisik dan digital, yang menuntut adanya pendekatan pendidikan yang lebih adaptif dan kreatif. Inti permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana media interaktif seperti Scratch dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam konteks pendidikan digital. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), di mana berbagai studi dan literatur terkait pembelajaran digital, penggunaan Scratch, serta implementasi pendidikan di Era Society 5.0 dianalisis secara mendalam. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat mengidentifikasi tren, tantangan, dan potensi solusi yang terkait dengan penggunaan Scratch sebagai alat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scratch, sebagai media pembelajaran yang interaktif, memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan pemrograman dasar, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, penggunaan Scratch terbukti dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan siswa di Era Society 5.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa inovasi pembelajaran digital menggunakan Scratch dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi tantangan pendidikan di Era Society 5.0, dengan syarat bahwa penerapannya harus disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan spesifik dari siswa dan institusi pendidikan. Penggunaan Scratch juga mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran secara lebih inklusif dan berbasis pada pengembangan keterampilan abad ke-21.