Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI
Keywords:
Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Game TournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berdampak pada peningkatkan hasil belajar dengan nilai yang standar. Objek pada penelitian ini yaitu kualitas proses belajar siswa yakni terletak pada hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII.8 IPS 1 SMAN 3 Kota Bekasi sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah terlaksana maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar sehingga berdampak mendapat hasil belajar dengan nilai standar. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal pada pra PTK persentase ketuntasan hanya 20 persen sebanyak 4 siswa yang dinyatakan tuntas, dengan perolehan nilai rata-rata 65,65. Pada siklus 1 persentase ketuntasan mengalami peningkatan yakni 60 persen dengan jumlah 19 siswa dan perolehan nilai rata-rata 72,44, yang kemudian dilanjut pada siklus 2 dengan hasil persentase 80 persen dengan jumlah 30 siswa serta perolehan nilai rata-rata 76,24. Kemudian peneliti melaksanakan siklus 3 dengan persentase 100 persen dan perolehan nilai rata-rata 83,12. Hasil observasi penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Tipe Team Game Tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 3 Kota Bekasi sehingga mereka mampu memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan standarisasi nilai pelajaran Pendidikan Agama Islam.