Hubungan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 2 Tasikmadu
Keywords:
Gaya Belajar, Hasil Belajar, IPA, Ex Post FactoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas IX F di SMP Negeri 2 Tasikmadu. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan desain penelitian kausal komparatif. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup untuk variabel gaya belajar dan dokumentasi untuk data hasil belajar. Penelitian melibatkan 32 responden yaitu peserta didik kelas IX F SMP Negeri 2 Tasikmadu yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20 peserta didik kelas IX F memiliki gaya belajar visual atau 62,5%, sementara 12 peserta didik atau 32,5% memiliki gaya belajar auditori. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA yang diukur berdasarkan nilai Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS), menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik berada pada kategori sedang dengan 21 peserta didik atau 59,4%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung> ttabel (2,493> 1,694) dengan tingkat signifikansi 5%. Uji linearitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,018. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tasikmadu dengan kontribusi gaya belajar sebesar 17,14%.