Media Pembelajaran Spin Timer: Implementasi Satuan Waktu Kelas 3 MI/SD
Keywords:
Media Pembelajaran, Satuan Waktu, Spin TimerAbstract
Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran yang digunakan sebagai alat atau sarana untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran juga memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa siswa kelas 3 yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini menghambat pembelajaran dimana guru harus lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media pembelajaran “Spin Timer” untuk membantu siswa kelas 3 MI/SD dalam memahami konsep satuan waktu. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh berbagai informasi tentang pemahaman konsep satuan waktu di kelas 3 menggunakan media pembelajaran Spin Timer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran satuan waktu dengan menggunakan media pembelajaran Spin Timer di kelas 3 adalah 1) Menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif dan melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara siswa dapat memutar dan mengoperasikan Spin Timer secara langsung. 2) Memberikan visualisasi secara nyata tentang hubungan antara detik, menit, dan jam, dengan menggunakan media jam dinding yang dapat diputar sendiri oleh siswa. 3) Meningkatkan minat dan antusiasme siswa dalam mempelajari satuan waktu karena media Spin Timer menarik dan interaktif. 4) Membantu siswa menghubungkan konsep satuan waktu dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dapat memahami cara membaca jam dengan baik dan benar.