Media Colored Flash Card Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

Authors

  • Dina Amalia Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Aliva Rosdiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nur Alina Lailil Faroh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Research and Development (R&D), phonic colored flash card, membaca permulaan, anak usia dini

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini didorong oleh beberapa faktor yakni belum adanya media pembelajaran yang interaktif dan menarik berupa phonic colored flash card berbasis augmented reality (AR) bagi anak usia dini dalam tahapan permulaan membaca usia 5-6 tahun di TK Al Ikhlas Pekalongan Jepara, dan kurangnya media pembelajaran inovatif untuk mendukung kemampuan literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media colored flash card dengan metode phonic dengan dilengkapi teknologi AR berupa audio tipe Quick Response (QR) code untuk memudahkan guru dalam pembelajaran sehingga interaksi dengan siswa terjalin. Metode penelitian yang digunakan berupa R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Setelah dilakukan validasi oleh validator ahli materi dan ahli desain, media ini dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran membaca permulaan pada anak usia dini, yakni kelayakan materi sebesar 90% dan kelayakan desain sebesar 85%. Hasil uji kelayakan media interaktif ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran media phonic colored flashcard ini layak diterapkan sebagai media interaktif dalam pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Amalia, D., Rosdiana, A. ., & Faroh, N. A. L. . (2024). Media Colored Flash Card Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 47–52. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18019