Systematic Literature Review (SLR): Pengaruh Teks Multimodal Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar
Keywords:
membaca pemahaman, teks multimodal, siswaAbstract
Keterampilan membaca pemahaman merupakan suatu proses pemerolehan makna yang secara aktif melibatkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh pembaca dan dihubungkan dengan isi bacaan. Dalam keterampilan membaca pemahaman, diperlukan inovasi materi, yaitu dengan menggunakan teks multimodal. Dalam multimodal, teks dapat berbentuk kombinasi antara teks lisan atau tulisan dan gambar atau animasi atau film. Pada artikel ini penulis akan membahas pengaruh teks multimodal terhadap pemahaman membaca di sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mereview semua artikel yang berkaitan dengan pengaruh teks multimodal terhadap pemahaman membaca di sekolah dasar. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang diperoleh dari Google Scholar. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teks sangat bermanfaat dalam pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu manfaat dari pembelajaran berbasis teks adalah dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa. Apalagi jika pembelajaran berbasis teks menggunakan media pembelajaran teks multimodal. Siswa yang belajar menggunakan teks multimodal akan lebih bersemangat dalam belajar karena teks multimodal tidak membuat siswa bosan. Hal ini akan berdampak pada siswa karena teks multimodal dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar dan berdampak baik pada keterampilan membaca pemahaman siswa.