Integritas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Kristen Palangka Raya

Authors

  • Sunmi Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

Keywords:

Guru, Integritas, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya integritas guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, karena integritas dapat mempengaruhi perilaku guru dalam menjalankan tugas mengajarnya. Integritas berkaitan dengan kepribadian seorang guru yang dapat dijadikan sebagai teladan dan juga berdampak bagi keberhasilan pembelajaran peserta didik. Integritas yang baik akan membawa dampak yang baik dan begitupun sebaliknya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang penulis lakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut. Guru Pendidikan Agama Kristen yang berintegritas adalah guru yang mampu menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kompetensi mengajar guru, diantaranya ialah mampu menjadikan Alkitab sebagai sumber belajar dan mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik serta melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Adapun yang menjadi kesimpulan dari penelitian ini ialah integritas sangat penting untuk dimiliki seorang guru, karena integritas dapat mempengaruhi cara guru dalam mengajar dan untuk membuktikan bahwa guru mampu mengajar. Dengan adanya integritas, guru dapat menjalankan tugasnya dengan profesional. Sekolah perlu ikut berkontribusi dalam memperkuat integritas guru. Misalnya dengan mengikutsertakan guru untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan kompetensi keguruan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sunmi. (2024). Integritas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Kristen Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 73–78. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18024