Need Analisys : Pelaksanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Melalui Model Project Based Learning Pada Mahasiswa PG-PAUD Universitas Jambi
Keywords:
PjBL, Keterampilan 4CAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa melalui model project based learning (PjBL) pada mata kuliah pendidikan anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literature dan studi lapangan. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan bahan mengenai keterampilan 4C dan model project based learning (PjBL). Studi lapangan dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan kondisi lapangan dalam melaksanakan perkuliahan. Wawancara dilakukan kepada 3 orang dosen program studi PG-PAUD Universitas Jambi dan observasi tugas mahasiswa semester 3 sebanyak 30 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa selama perkuliahan berlangsung keterampilan 4C mahasiswa melalui model project based learning (PjBL) sudah berkembang secara optimal. Dibuktikan saat mahasiswa mampu menyelesaikan projek merancang kegiatan sosialisasi parenting yang diberikan. Mahasiswa sudah mampu menyelesaikan masalah dalam projeknya, mampu mengemukakan ide-ide kreatif untuk merancang kegiatan sosialisasi parenting yang menarik, mampu berkolaborasi dengan tim serta mampu berkomunikasi dengan guru dan orangtua.