Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas 5 SDN 01 Demangan

Authors

  • Diana Dwi Lestari SDN 01 Demangan

Keywords:

Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca, Membaca Nyaring

Abstract

Membaca merupakan keterampilan dasar yang penting untuk hampir semua mata pelajaran. Memiliki kemampuan membaca yang baik akan mendukung siswa dalam memhami materi pelajaran, mengikuti petunjuk, dan memperoleh informasi di berbagai bidang studi. Membaca nyaring tidak hanya melibatkan kemampuan membaca kata-kata dengan benar tetapi juga melibatkan intonasi, kecepatan, dan pengertian terhadap teks yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa melalui media kartu kata pada siswa kelas V SDN 01 Demangan, Madiun. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Demangan, Madiun tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa baik dari aspek membaca dengan suara keras yang bisa didengar oleh seluruh anggota kelas, membaca dengan lancar tanpa terputus, membaca dengan pengucapan yang jelas, membaca dengan intonasi yang sesuai, membaca sesuai dengan tanda baca seperti titik, koma, tanda seru, dan tanda tanya, membaca dengan sikap yang tepat, membaca dengan ekspresi yang sesuai, dan memahami makna teks bacaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Lestari, D. D. . (2024). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas 5 SDN 01 Demangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 85–90. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18029