Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPA Kelas VI SDN 104246
Keywords:
Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Aktivitas dan kegiatan belajar peserta didik akan berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan hasil belajar. Proses pembelajaran memegang peranan penting dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi IPA kelas VI SD Negeri 104246 Jati Baru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 29 orang peseta didik. Penelitian ini fokus pada aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 51,7% dan pada siklus II mengalami peningkatan 34,5% menjadi 84,5%. Untuk hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I rata-rata ketuntasan 68,96% dan pada siklus II mengalami peningkatan 24% menjadi 93%. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 65,5 menjadi 71,20 pada siklus II. Kesimpulannya dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.