Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Gusti Alif Aprilita Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Disposisi, Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMKArrahman Depok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei korelasional. Sampel yang ditentukan adalah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes essay. Pengujian persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan chi-kuadrat, dan uji kelinearan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disposisis matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan Fhitung=8,91 dan Ftabel=4,04; maka Fhitung > Ftabel, yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan korelasinya sebesar 15,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Aprilita, G. A. . (2024). Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 118–124. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18045