Efektivitas LKPD Berbasis Pendekatan Mikir untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Fase C Sekolah Dasar
Keywords:
Efektifitas LKPD, Pendekatan MIKiR, PecahanAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui keefektivan LKPD berbasis pendekatan MIKiR untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa fase C sekolah dasar. Pendekatan MIKiR merupakan akronim dari kata “Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi” yang dipilih karena pendekatan tersebut banyak melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga harapannya terjadi peningkatan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik fase C UPT SPF SDN 101990 Bangun Purba yang berjumlah sebanyak 30 orang dan wali kelas fase C. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) yang berfokus pada keefektivan produk dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (yang dimulai dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh N- gain score keefektivan produk sebesar 0,78 yang berada dalam kategori “efektiv”. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan MIKiR untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan peserta didik fase C sekolah dasar “efektiv” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, peneliti berharap agar para peneliti selanjutnya mampu melakukan penelitian lebih mendalam lagi mengenai kevalidan dan kepraktisan dari produk pengembangan dalam penelitian ini.