Digitalisasi Pembelajaran PAI Dalam Menanggulangi Judi Online
Keywords:
Digitalisasi Pembelajaran, Judi Online, Pendidikan Agama IslamAbstract
Dalam proses pembelajaran, seringkali dihadapi berbagai tantangan, baik dalam sistem pembelajaran tradisional maupun digital. Dalam pembelajaran digital, salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para guru adalah konten negatif, seperti perjudian online. Ini merupakan tantangan khusus bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) karena mereka bertanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dalam uji keabsahan data penelitian ini meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana perjudian online di kalangan siswa dapat diminimalkan melalui digitalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini di SMP Hang Tuah 4 Surabaya menunjukkan bahwa upaya untuk melawan perjudian online dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran PAI yaitu melalui digitalisasi pembelajaran dan memanfaatkan platform digital seperti Canva, Instagram, dan media lainnya. Selain itu, peran guru PAI sebagai fasilitator dimaksimalkan untuk memastikan bahwa nilai-nilai Islam tertanam dengan baik pada siswa, dan para guru juga memantau siswa dengan cermat saat mereka menggunakan ponsel di sekolah.