Implementasi Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Terhadap Hasil Belajar
Keywords:
Pembelajaran TGT, Media Ular Tangga Digital, Hasil Belajar, PTK (Penelitian Tindakan Kelas)Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik PPKN khususnya materi makna Pancasila dan contoh pengamalannya menggunakan model TGT (Team game Tournament) dan media ular tangga digital. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu pada peserta didik kelas III SDN 01 Tawangrejo yang berjumlah 31 peserta didik. Siklus pada penelitian ini dilaksakan pada dua siklus dimana setiap siklus melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum dilakukannya Tindakan, Sebagian besar peserta didik belum menerima hasil yang memadai, dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 45,16%. Namun, setelah penerapan model TGT berbantuan media ular tangga digital pada siklus II terjadi peningkatan yang siginifikan dengan ketuntasan belajar mencapai 93,54%. Hal ini menunjukan bahwa inovasi dalam model dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.