Membangun Karakter Generasi Z Melalui Trilogi Pendidikan Islam di Era Society 5.0

Authors

  • Neng Nurcahyati Sinulingga Universitas Medan Area

Keywords:

Karakter, Gen Z, Trilogi, Society

Abstract

Artikel ini memfokuskan pada masalah yang berkaitan tentang bagaimana mengimplementasikan prinsip-prinsip trilogi pendidikan Islam di tengah kemajuan teknologi dan transformasi digital di era society 5.0. Artikel ini bertujuan menganalisis penerapan trilogi pendidikan Islam dari masa Nabi Muhammad SAW, masa sahabat, hingga masa kesultanan Islam di Indonesia dalam upaya membangun karakter Generasi Z di era society 5.0.. Lebih lanjut Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait serta data yang relevan, dan dianlisis secara interaktif. Hasil pembahasan dalam penelitian ini mencakup dalam tiga point yakni diantaranya:(1) Implementasi trilogi pendidikan Islam untuk membangun karakter Generasi Z di era Society 5.0 memerlukan adaptasi ajaran Nabi Muhammad SAW, metode sahabat, dan budaya kesultanan yang kemudian diintegrasikan dalam konteks digital. (2) Tantangan utama dalam menerapkan trilogi pendidikan Islam bagi Generasi Z di era society 5.0 meliputi kendala teknologi yang membatasi akses, perbedaan budaya antara prinsip Islam tradisional dan kebiasaan digital, serta resistensi terhadap metode pendidikan karakter tradisional. Untuk mengatasi hambatan ini, diperlukan adaptasi dan inovasi. (3) Strategi efektif dalam membangun karakter Generasi Z di era society 5.0 melibatkan pemanfaatan gamifikasi dan media sosial, penggunaan platform digital untuk diskusi kolaboratif, serta integrasi elemen budaya lokal agar pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sinulingga, N. N. . (2024). Membangun Karakter Generasi Z Melalui Trilogi Pendidikan Islam di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 164–169. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18052