Pengembangan Media Berbasis Artsteps Sebagai Layanan Informasi Untuk Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta Didik SMA Negeri 3 Palangka Raya

Authors

  • Nurul Asti Seftiana SMA Negeri 3 Palangka Raya

Keywords:

Layanan Informasi, Media Artsteps, Perilaku Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis Artsteps sebagai layanan informasi untuk mencegah perilaku bullying. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yakni yang pertama tahap prapengembangan yang di dalamnya terdiri dari tahap Research and information colleting, kedua, tahap pengembangan yang berisi tahapan Develop Preliminary Form of Product, ketiga pascapengembangan terdiri dari tahapan Pleliminary Field Testing dan Main Product revision. Subjek penelitian dan pengembangan uji produk dilakukan oleh 1 Ahli media, 1 Ahli Bimbingan dan Konseling, dan 2 Ahli Praktisi sebagai validator yang dianalisis menggunakan Aiken’s V. Hasil penilaian dari uji ahli media sebesar 1.00, ahli bimbingan dan konseling sebesar 1.08, dan uji ahli praktisi sebesar 1.18 yang masing – masing menunjukkan tingkat relevansi tinggi. Akumulasi ini dihitung berdasarkan nilai koefisien pada masing – masing aspek. Hasil menunjukan bahwa media aplikasi Artsteps dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai layanan informasi untuk mencegah perilaku bullying berdasarkan pada aspek – aspek dalam akseptabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Seftiana, N. A. . (2024). Pengembangan Media Berbasis Artsteps Sebagai Layanan Informasi Untuk Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta Didik SMA Negeri 3 Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Profesi Guru FKIP UPR, 1(1), 175–182. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/PSN-FKIP/article/view/18055