Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Reaksi Redoks
Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Solving, Reaksi RedoksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran problem solving pada materi reaksi redoks kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D dengan empat tahap yakni; define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 3 tahap saja karena terdapat beberapa kendala. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli dan lembar angket peserta didik. Penelitian ini melibatkan tiga validator yaitu validator ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Penelitian ini juga melibatkan peserta didik kelas X IPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berjumlah 6 peserta didik pada uji coba skala kecil dan 30 peserta didik pada uji coba skala menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran problem solving pada materi redoks yang telah dikembangkan terkategori sangat valid dengan mendapatkan persentase ahli materi sebesar 95%, ahli media 92,5%, dan ahli bahasa 90%. Sehingga mendapatkan rata-rata persentase dari ketiga validator ahli yaitu sebesar 92,5%. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh persentase sebesar 81,97% dan skala menengah sebesar 91,42%.