Desain Ruang Belajar Roundtable (Meja Bundar) Dalam Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i2.9414Kata Kunci:
Desain, Ruang Belajar, Roundtable, Keterampilan SosialAbstrak
Keterampilan sosial merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki Siswa dijenjang Sekolah Dasar. Karena hal tersebut sangat diperlukan untuk kelak mereka dalam hidup bermasyrakat. Melalui desain ruang belajar Roundtable diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis desain ruang belajar seperti apa yang dapat menciptakan keterampilan sosial Siswa di Sekolah Dasar. Analisis secara kualitatif dari Siswa Sekolah Dasar di Wringinrejo IV dengan menggunakan desain pembelajaran ruang belajar Roundtable yang telah dilaksanakan. Hasil temuan mengungkapkan bahwa desain ruang belajar Roundtable dapat menciptakan keterampilan sosial Siswa Sekolah Dasar, melalui kegiatan memberikan fasilitas pertukaran informasi antar Siswa, memberikan umpan balik dan pembahasan materi antara dan Guru. Namun, terdapat beberapa Siswa Sekolah Dasar yang merasa terekspos dan tidak nyaman sehingga cenderung tidak berpartisipasi. Dapat disimpulkan bahwa desain ruang belajar Roundtable dapat menciptakan keterampilan sosial, dan terlebih lagi didukung dengan penggunaan teknologi pendidikan. Rekomendasi dan saran sangat terbuka untuk penelitian yang akan datang