Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika
Keywords:
Kesalahan Siswa, Soal Matematika, StatistikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Bengkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini berjumlah 3 orang dari 28 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Muara Bengkal tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Teknik analisis data yang dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Bengkal dan membandingkan dengan kesalaha siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal statistika, siswa melakukan beberapa kesalahan, antara lain : (1) Kesalahan konsep, yaitu siswa salah dalam memahami informasi yang terdapat dalam soal; (2) Kesalahan prinsip, yaitu siswa salah dalam tidak menggunakan rumus untuk menyelesaiakan soal; (3) Kesalahan algoritma, yaitu siswa melakukan kesalahan pada langkah penting dalam menyelesaikan soal; (4) Jawaban sebarang, yaitu jawaban siswa tidak ada hubungannya antara proses penyelesaian dengan masalah yang diberikan.
Downloads
References
E. Faridhatijannah, Z. Untu, P. Fendiyanto, P. Matematika, and U. Mulawarman, “Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert,” 2022.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M., “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN,” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, vol. 03, no. 2, 2017.
M. Amelia, R. Sariningsih, and W. Hidayat, “Analisis Persepsi Kesalahan Siswa SMP pada Soal Materi Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender,” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 3, no. 5, 2020, doi: 10.22460/jpmi.v3i5.475-484.
Asrijanty, AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020. Accessed: Mar. 01, 2023. [Online]. Available: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/19690
R. Kaka, A. Prayitno, and A. Hamid, “Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika,” Jurnal Review Pembelajaran Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 161–172, Dec. 2018, doi: 10.15642/jrpm.2018.3.2.161-172.
D. K. Dewi, S. S. Khodijah, L. S. Zanthy, I. Siliwangi, J. Terusan Jenderal, and S. Cimahi, “ANALISIS KESULITAN MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA,” vol. 04, no. 01, pp. 1–7, 2020.
D. P. Karlina, A. Azainil, and S. Sugeng, “Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pecahan Pada Komposisi Dan Invers Fungsi,” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 1, pp. 31–40, Jun. 2022, doi: 10.30872/PRIMATIKA.V11I1.1050.
G. Rahayu, “ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERBASIS KEMAMPUAN PENALARAN MENGGUNAKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON”.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nugraha Agung Pratama, Azainil Azainil, Fendiyanto Petrus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.