Perancangan Aplikasi Si Petir (Sistem Penerimaan Tamu Terorganisir) PLN UP2D S2JB & ULP AMPERA

Authors

  • Aditiya Febriansyah uin raden fatah palembang
  • Irfan Dwi Jaya M,Kom Universitas islam negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

PT PLN UP2D S2JB; OBVITNAS; APP Sheet; Tamu; SI PETIR.

Abstract

PT PLN UP2D S2JB & ULP AMPERA Memiliki Aktivitas harian yang melibatkan banyak interaksi dengan tamu.Hal ini mencakup kunjungan dari pihak berkepentingan yang datang untuk berbicara tentang proyek, layanan pelanggan, atau berbagai masalah teknis. Akan tetapi PLN UP2D S2JB & ULP AMPERA Merupakan Area Obvitnas (Objek Vital Nasional) yang telah ditetapkan oleh Menteri dan/atau Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen terkait. Area Obvitnas adalah kawasan/lokasi, bangunan/instalasi dan/atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan/atau sumber pendapatan negara yang bersifat strategis.Oleh karena itu area pada PT PLN UP2D S2JB & ULP AMPERA harus dijaga dengan Ter-Organisir baik dari penerimaan tamu yang masuk sampai tamu tersebut keluar dari area kerja. Dalam rangka mengatasi tantangan Keamanan area OBVITAS ini, penulis merancang aplikasi "SI PETIR (SISTEM PENERIMAAN TAMU TER-ORGANISIR)" yang menggunakan Aplikasi  AppSheet dapat menjadi solusi yang relevan. Aplikasi AppSheet memungkinkan pembuatan aplikasi kustom tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman yang mendalam, sehingga memungkinkan PLN UP2D S2JB untuk memiliki aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus mengandalkan tim pengembang yang kompleks, Sehingga memungkinkan proses pendaftaran tamu secara digital, efisien, dan sesuai dengan persyaratan K3L yang telah ditetapkan. Aplikasi ini dapat menyediakan formulir pendaftaran tamu, melacak riwayat kunjungan,serta memudahkan pelaporan insiden K3L yang mungkin terjadi selama kunjungan tamu. Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi menggunakan metode Research and Development dan metode Object Oriented Design. Hasil dari penelitian ini penulis berharap  aplikasi ini dapat digunakan dan berjalan dengan lancar pada PT PLN UP2D S2JB DAN ULP AMPERA

Downloads

Download data is not yet available.

References

MZ, “PLN UP2D S2JB ADALAH,” PLN, 2020.

H. Namudat, N. Karlina, and B. Rusli, “Analisis Kebijakan Pengamanan Objek Vital Di Pt Freeport Indonesia,” Responsive, vol. 1, no. 2, pp. 39–44, 2018.

Google Workshop, “AppSheet adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi kustom tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman yang mendalam. ,” Goggle.com.

R. Sihombing and S. A. Arnomo, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN RESTORAN HOTEL BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 9, no. 2, 2023.

N. P. T. B. BRI, “PERANCANGAN APLIKASI E-ARSIP DATA AGUNAN DEBITUR PADA,” 2022.

I. K. Sudarsana, “Optimalisasi penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum di sekolah (persepektif teori konstruktivisme),” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2018.

H. Aprianto, W. Cholil, and Z. Mezalisa, “PENGEMBANGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-LEARNING BAGI DOSEN UNIVERSITAS BINA DARMA,” JURNAL MAHASISWA TI S1, 2013.

Published

2024-01-15

How to Cite

Febriansyah, A., & Dwi Jaya M,Kom, I. (2024). Perancangan Aplikasi Si Petir (Sistem Penerimaan Tamu Terorganisir) PLN UP2D S2JB & ULP AMPERA. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (E-SNST), 5(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SNST2023/article/view/11166