PERANCANGAN SISTEM DASHBOARD MONITORING PADA LAPORAN BEBAN PUNCAK GARDU INDUK DI PLN UP2D S2JB MENGGUNAKAN LOOKER STUDIO

Authors

  • Nadia Agita UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Irfan Dwi Jaya, M.Kom Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

PT PLN (Persero) UP2D S2JB merupakan Unit Pelaksana Pengatur Distribusi yang mengatur penyaluran distribusi penyulang 20kV ke seluruh Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu. PT PLN ini setiap hari nya mendapatkan melaporkan beban puncak gardu induk, seperti operator GI (gardu induk) memeriksa penyulang 20kV trip, mencatat relai yang bekerja sebelum direset dan melaporkan informasi tersebut ke Dispatcher UP2D S2JB berupa waktu gangguan, jenis gangguan, arus gangguan (apabila terdapat fasilitasnya) dan arus beban sebelum padam. Namun saat ini untuk memonitoring laporan beban puncak gardu induk masih menggunakan Ms Excel belum ada sistem dashboard monitoring untuk laporan beban puncak gardu induk, oleh karena itu dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini agar mempermudah pegawai untuk memonitoring laporan, oleh karena itu peneliti merancang aplikasi “Sistem Dashboard Monitoring Pada Laporan Beban Puncak Gardu Induk” yang menggunakan Looker Studio dapat menjadi solusi yang efektif. Looker Studio merupakan program visualisasi data yang dirancang sebagai alat yang mudah digunakan untuk mewakili kumpulan data yang kompleks dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research And Depelopment dan metode Object Oriented Design. Hasil dari penelitian ini adalah merancang Sistem Dashboard Monitoring Pada Laporan Beban Puncak Gardu Induk dengan merancang sistem ini dapat memudahkan administrator dalam mengelola dan memantau laporan secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Iskandar, “Sistem Informasi Gardu Induk dan Gardu Distribusi PLN,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015.

R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 47–57, 2021.

H. P. Prasetiya and M. Susilowati, “Visualisasi informasi data perguruan tinggi dengan data warehouse dan dashboard system,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 3, 2016.

C. E. Budiawan and S. Halim, “Perancangan Dashboard Monitoring Contract Lifecycle Management…,” 2022.

S. M. Stmik and D. Wacana, “BUKU VISUALISASI DATA MENGGUNAKAN DATA STUDIO,” 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/362791707

D. Fernando, SNARTISI Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi Visualisasi Data Menggunakan Looker Studio.

I. G. I. Sudipa, I. B. G. Sarasvananda, H. Prayitno, I. N. T. A. Putra, R. Darmawan, and D. A. WP, Teknik Visualisasi Data. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Z. Zarnelly, “Sistem informasi e-budgeting menggunakan pendekatan berorientasi objek (Studi kasus: UIN SUSKA Riau),” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 70–77, 2017.

Published

2024-01-15

How to Cite

Nadia Agita, & Irfan Dwi Jaya, M.Kom. (2024). PERANCANGAN SISTEM DASHBOARD MONITORING PADA LAPORAN BEBAN PUNCAK GARDU INDUK DI PLN UP2D S2JB MENGGUNAKAN LOOKER STUDIO . Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (E-SNST), 5(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SNST2023/article/view/11191