Optimasi Pembangunan Proyek Menggunakan Metode Precedence Diagram Method (Pdm) dan Crashing (Studi Kasus Pembangunan Madrasah Baiturrahman Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaruabupaten Tegal)

Authors

  • Moh. Faizal Amri Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Siti Maslihah Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Zulaikha Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Penjadwalan dalam suatu proyek merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memaparkan rencana aktivitas secara logis dan berurutan sehingga dapat lebih mudah dipahami dan dikoordinasikan. Tujuan dari penjadwalan adalah untuk menentukan waktu yang dibutuhkan dan urutan kegiatan serta menentukan waktu penyelesaian proyek.  Penelitian ini menggunakan data sekunder dari pihak pelaksana pembangunan Madrasah Baiturrahman Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Data yang digunakan adalah data aktivitas proyek pembangunan yang dilaksanakan pada bulan juni 2022. Teknik penjadwalan yang dilakukan menggunakan metode PDM untuk menemukan durasi yang optimal dan metode crashing dengan penambahan tenaga kerja setelah terjadi keterlambatan penyelesaian proyek untuk meminimumkan biaya yang dikeluarkan. Hasil dari penelitian menggunakan metode PDM menemukan lintasan kritis pada aktivitas A,B,C,D,F,G,I,J,K,M,N dengan durasi penyelesaian proyek selama 115 hari, hasil dengan metode crashing menggunakan penambahan tenaga dapat dipercepat dengan efisiensi durasi percepatan selama 30 hari. Proyek dilapangan selesai dengan durasi 128 hari dengan target penyelesaian selama 121 hari. Artinya metode PDM lebih optimal dibandingkan dengan target penyelesaian proyek. Pada pembangunan Madrasah Baiturrahman Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang mengalami keterlambatan dapat dipercepat menggunakan metode crashing dengan alternatif penambahan tenaga kerja dengan total biaya sebesar Rp. 706.913.325;.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, s. (2023). Crashing menggunakan system penambahan jam kerja dengan Menggunakan metode PDM (precedence Diagram Method).

Elisabeth, R. A., Widi, H., & Sugiyarto. (2017). Analisis Percepatan Proyek Menggunakan Metode Crashing dengan Penambahan Tenaga Kerja dan Shift Kerja. e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL .

Ermiyati, Fakhri, Suprasman, & Mulyadi, F. (2022). Analisis Network Planning Dan Crash Program Pada Proyek Pembangunan Rumah Susun Yayasan Pondok Modern Al Kautsar. Journal of Informatic and Computer Science Engineering , 2, 1-20.

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi (Vol. III). Yogyakarta: ANDI.

Fajar, U. P., & Mulyono. (2021). Penjadwalan Ulang Proyek Konstruksi Menggunakan PDM DAN CPM. UNNES Journal of Mathematics , 10, 62-72.

Nurhayati. (2010). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurwahidin, M. (2016). Analisa Network Planning dan Sumber Daya Pada Proyek Pengembangan Dermaga Semampir Dengan Critical Path Method (CPM). Proseding Seminar Nasional Pascasarjana STTAL , 1-16.

Safitri, E., Basriati, S., & Hanum, L. (2019). Optimasi Penjadwalan Proyek Menggunakan CPM DAN PDM. Jurnal Sains Matematika dan Statistika , 5, 17-25.

Siang, J. J. (2011). Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis. Yogyakarta: ANDI.

Triyuliana, A. H. (2008). Panduan Aplikatif Pengelolaan Proyek Dengan Microsoft Project 2007. Yogyakarta: ANDI.

Published

2024-01-15

How to Cite

Moh. Faizal Amri, Siti Maslihah, & Zulaikha. (2024). Optimasi Pembangunan Proyek Menggunakan Metode Precedence Diagram Method (Pdm) dan Crashing (Studi Kasus Pembangunan Madrasah Baiturrahman Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaruabupaten Tegal). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi (E-SNST), 5(1). Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SNST2023/article/view/11226