BiosciED: Journal of Biological Science and Education https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed <p>BiosciED is a Peer-Reviewed journal that is published 2 (two) times a year in June and December. BiosciED is an acronym for Biological Science and Education representing the focus and scope as a Biology Education journal which include research related to the field of biological sciences and the field of biology education. BiosciED journal aims to become a forum for publishing high quality and innovative scientific works providing new information and knowledge or new insights. BiosciED is published in English and Bahasa Indonesia and started by Volume 2, Number 1, June 2021. <em>Nationally Accredited based on the Decree of the Ministry of Education, Culture, Research and Technology of the Republic of Indonesia, Number <a href="https://storage.googleapis.com/arjuna-files/file/info/Salinan_79_E_KPT_2023.pdf" target="_blank" rel="noopener">76/E/KPT/2023</a> as a <strong>SINTA 5 Journal</strong> (for 2020-2024).</em></p> <p style="text-align: justify;">Indexed by: Sinta, Google Scholar, Garuda, Neliti, Base, Citefactor, Crossref, Indonesia One Search, Publons, Citefactor, BASE</p> <div style="border: 3px #086338 Dashed; padding: 10px; background-color: #d2eee1; text-align: left;"> <ol> <li>Journal Title: <strong>BiosciED: <a href="https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed">Journal of Biological Science and Education</a></strong></li> <li>Initials: <strong>BiosciED</strong></li> <li>Grade: <strong>Sinta 5 Journal</strong> Decree: <a href="https://storage.googleapis.com/arjuna-files/file/info/Salinan_79_E_KPT_2023.pdf" target="_blank" rel="noopener"><strong>79/E/KPT/2023</strong></a></li> <li>Frequency: <strong>June dan December</strong></li> <li>Print ISSN: <strong>2746-9786</strong></li> <li>Online ISSN: <strong>2775-6777</strong></li> <li>Editor in Chief: <strong>Shanty Savitri, S.Si., M.Pd.</strong></li> <li>Associate Editor: <strong>Chaidir Adam, S.Pd., M.Pd.</strong></li> <li>DOI: <strong>10.37304</strong></li> <li>Publisher: <strong>Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya</strong></li> </ol> </div> en-US bioscied@upr.ac.id (Chaidir Adam, M.Pd.) chaidir.adam03@gmail.com (Support) Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemanfaatan Limbah Ikan dan Sayuran dari Pasar Kahayan menjadi Silase dengan Sumber Bakteri Asam Laktat yang Berbeda https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/10849 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan limbah ikan khusunya isi perut, kepala dan sisik ikan dan limbah sayuran terutama kubis, sawi hijau dan sawi putih di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya dalam upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena saat ini limbah tersebut sebagian kecil hanya digunakan sebagai tambahan pakan ternak yang hanya dapat digunakan dalam bentuk segar hingga waktu simpan yang sangat pendek, sementara limbah organik dan anorganik dari lokasi Pasar Kahayan dibuang ke TPA. Untuk itu dilakukan penelitian tentang upaya mengoptimalisasi pemanfaatan limbah tersebut menjadi silase ikan, yaitu sebagai tambahan ransum pakan ternak dengan harapan produk yang dihasilkan mempunyai nilai guna dan nilai ekonomis serta limbah yang terbuang semakin sedikit. Pada penelitian ini parameter pengujian adalah uji kimia, yaitu uji kadar protein dan uji kadar lemak, menggunakan 3 perlakuan yaitu: pembuatan silase dengan penambahan larutan sumber asam laktat dari asinan kubis (A); Pembuatan silase dengan penambahan larutan bakteri asam laktat dari asinan sawi hijau (B); dan pembuatan silase dengan penambahan larutan bakteri asam laktat dari asinan sawi putih (C). Hasil dari penelitian ini diperoleh kandungan protein berkisar antara 32,98-35,75 % dan kandungan lemak pada masing-masing perlakuan berkisar antara 8,13-8,42%.</p> Tyas Wara Sulistyaningrum, Elga Araina Copyright (c) 2023 Tyas Wara Sulistyaningrum, Elga Araina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/10849 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 Survei Persepsi Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang Telah Menempuh Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi terhadap Konsepsi Tumbuhan Tinggi https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/12525 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi persepsi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi (BTT) terhadap pemahamannya tentang konsepsi Tumbuhan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei eksploratif yang dilakukan dengan cara memberikan angket kepada semua mahasiswa (responden) yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket digital dengan aplikasi <em>Google Form</em>. Angket bersifat bebas, yang terdiri dari 17 butir pertanyaan tentang konsepsi materi pokok Tumbuhan Tinggi yang dijawab dengan cara memberi tanda “<em>cek list</em>” (√) pada 4 alternatif jawaban. Data hasil angket dari responden mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi (BTT) terhadap pemahamannya tentang konsepsi Tumbuhan Tinggi secara umum adalah baik, yaitu untuk konsepsi Ciri-ciri Tumbuhan Tinggi dan konsepsi Keselarasan Silabus Botani Tumbuhan Tinggi. Sedangkan untuk konsepsi Klasifikasi Tumbuhan Tinggi adalah kurang baik.</p> Akhmadi Akhmadi Copyright (c) 2023 Akhmadi Akhmadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/12525 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Fotosintesis di SMP Negeri 16 Palangka Raya https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/12641 <p>Ilmu pengetahuan berperan sangat penting dalam meningkatkan kehidupan manusia. Salah satu ilmu pengetahuan yang&nbsp; berperan penting dalam meningkatkan kehidupan manusia adalah ilmu biologi. Jika diajarkan dengan benar, sesuai metode ilmiah, ilmu biologi berpotensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, terutama kemampuan berpikir kritis peserta didik, meningkatkan sikap yang baik dan luhur serta dapat meningkatkan keterampilan peseta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Namun sayang, hasil pembelajaran IPA (biologi) saat ini&nbsp; berbanding terbalik dengan harapan yang diinginkan. Hal itu terjadi karena kekeliruan yang terjadi pada pembelajaran biologi itu sendiri. Akhir-akhir ini pembelajaran biologi lebih banyak menekankan pada penguasaan konsep semata, tidak diimbangi dengan penekanan sikap dan keterampilan yang memadai. Dalam menyongsong abad 21 salah satu kemampuan yang dituntut dari siswa adalah kemampuan bepikir kritis. Oleh karena itu guru sebaiknya berupaya semaksimal mungkin dalam mengelola pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk bisa berpikir kritis. Model pembelajaran berbasis masalah dipercaya bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Di kelas VII SMP Negeri 16 Palangkaraya tidak pernah dilakukan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model belajar Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VII SMP Negergi 16 Palangka Raya.</p> Nuriman Wijaya Copyright (c) 2023 Nuriman Wijaya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.upr.ac.id/index.php/bed/article/view/12641 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000