Pengenalan Ilmu Kebumian untuk Siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya

Authors

  • Yunida Iashania Universitas Palangka Raya
  • Neny Fidayanti Universitas Palangka Raya
  • Asri Fridtriyanda Universitas Palangka Raya
  • Deddy N.S.P. Tanggara Universitas Palangka Raya
  • Saptawartono Universitas Palangka Raya
  • Ferra Murati Universitas Palangka Raya
  • Dody Ariyantho Universitas Palangka Raya
  • Yustinus Hendra Wiryanto Universitas Palangka Raya
  • Yulian Taruna Universitas Palangka Raya
  • Fahrul Indrajaya Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/diteksi.v2i1.12970

Keywords:

Earth, Geological structure, Introduction, Students

Abstract

Ilmu kebumian merupakan salah satu Pelajaran yang ada di SMA Negeri 2 Palangka Raya, ilmu ini sendiri bagian dari cabang - cabang ilmu yang mempelajari bumi. Bidang Ilmu Kebumian dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut selalu berhubungan dengan teori dan aplikasinya. Pengenalan ilmu di kelas akan membantu pelajar untuk mengetahui prinsip-prinsip yang ada dilapangan berdasarkan pengalaman para dosen. Kegiatan pengenalan merupakan aktivitas yang dapat mengenalkan ilmu mengenai bumi melalui presentasi-presentasi serta berbagi pengalaman di lapangan kepada siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Kegiatan ini memberikan motivasi dan pengetahuan terutama mengenai kebumian. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengajaran yang baik berupa materi serta pengalaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa/i. Hal ini didasari bahwa Sebagian anak-anak kurangnya minat dalam belajar terutama dalam hal kebumian dan manfaat belajar mengenai masalah-masalah kebumian. Kegiatan pengabdian ini memberikan motivasi kepada anak-anak dan menujukkan sisi pentingnya kita mempelajari tentang kebumian. Metode kegiatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode yang digunakan dalam melakukan pemberdayaan kelompok sasaran yaitu: Pengenalan, struktur geologi, mineral pada batuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-27