Sosialisasi Kiat Sukses Wirausahawan Untuk Memulai Dan Mengembangkan Usaha Bagi Pemula Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045
Kata Kunci:
sukses, wirausaha, bisnisAbstrak
Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Memulai usaha merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan apabila seseorang saat ingin memulai dan mengembangkan wirausaha, antara lain : Fokus pada satu peluang bisnis, Lakukan hal yang kamu sukai, Mau belajar dari orang lain, Hiduplah dengan sederhana, Belajar dari kegagalan, tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik, Jagalah Kesehatan, Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata. Setelah memulai usaha kiat penting yang perlu kita kembangkan agar usaha agar usaha maju dan berkembang adalah :Rutin Memonitor Perkembangan Bisnis, Mengecek Kembali Kelebihan dan Kekurangan Produk, Mencari Sumber Masalah dalam Bisnis, Segera Mencari Solusi dari Masalah, Meriset Kompetitor dan Tren Pasar, Perbarui Strategi Marketing yang Digunakan, Mencari Target Pasar yang Baru, Berkolaborasi dengan Bisnis Lainnya, Membuat Inovasi Produk secara Berkala, Siapkan Hal Lainnya untuk Kondisi Darurat.
Unduhan
Referensi
Adi Ahdiat. (2023, May 3). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-ecommerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023
Alexandro, R., Hariatama, F., & Lenlioni, L. (2023). Strategi Pengembangan Produk Dalam Peningkatan Penjualan Rumah Makan Sudi Mampir Palangka Raya. JPIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), https://doi.org/10.37304/jpips.v15i2.12190
Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736
Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.11
Putra, K. N., Alexandro, R., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., & Mentari, T. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital Pada UMKM di Kota Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(6), 848–854. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i6.5583
Putra, K. N., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., & Mentari, T. (2023). Mengungkap makna akuntansi pada umkm di kota palangka raya. Edunomics Journal, 4, 95–101.
Rahman, rahman, Fendy Hariatama, Hidayati, & Sundari. (2024). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Generasi – Z di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Pengabdian Kampus : Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 11(1), 62–67. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v11i1.12192
Sundari, S., Riadi, E., Alexandro, R., H, F. H., & Merisa Oktaria. (2022). Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba : Studi Kasus Pada Cokelat Klasik Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(1), 1–10. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/14748
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Liling Lenlioni, Sundari Sundari, Grace Evelina Buji, Dewi Rakhmawati, Eriawaty Eriawaty, Sri Rohaetin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.