Sosialisasi Kiat Sukses Wirausahawan Untuk Memulai Dan Mengembangkan Usaha Bagi Pemula Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045

Penulis

  • Liling Lenlioni Universitas Palangka Raya
  • Sundari Sundari Universitas Palangka Raya
  • Grace Evelina Buji Universitas Palangka Raya
  • Dewi Rakhmawati Universitas Palangka Raya
  • Eriawaty Eriawaty Universitas Palangka Raya
  • Sri Rohaetin Universitas Palangka Raya

Kata Kunci:

sukses, wirausaha, bisnis

Abstrak

Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Memulai usaha merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan apabila seseorang saat ingin memulai dan mengembangkan wirausaha, antara lain : Fokus pada satu peluang bisnis, Lakukan hal yang kamu sukai, Mau belajar dari orang lain, Hiduplah dengan sederhana, Belajar dari kegagalan, tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik, Jagalah Kesehatan, Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata. Setelah memulai usaha kiat penting yang perlu kita kembangkan agar usaha agar usaha maju dan berkembang adalah :Rutin Memonitor Perkembangan Bisnis, Mengecek Kembali Kelebihan dan Kekurangan Produk, Mencari Sumber Masalah dalam Bisnis,  Segera Mencari Solusi dari Masalah,   Meriset Kompetitor dan Tren Pasar, Perbarui Strategi Marketing yang Digunakan, Mencari Target Pasar yang Baru, Berkolaborasi dengan Bisnis Lainnya, Membuat Inovasi Produk secara Berkala, Siapkan Hal Lainnya untuk Kondisi Darurat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Ahdiat. (2023, May 3). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-ecommerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023

Alexandro, R., Hariatama, F., & Lenlioni, L. (2023). Strategi Pengembangan Produk Dalam Peningkatan Penjualan Rumah Makan Sudi Mampir Palangka Raya. JPIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), https://doi.org/10.37304/jpips.v15i2.12190

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.11

Putra, K. N., Alexandro, R., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., & Mentari, T. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital Pada UMKM di Kota Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 8(6), 848–854. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i6.5583

Putra, K. N., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., & Mentari, T. (2023). Mengungkap makna akuntansi pada umkm di kota palangka raya. Edunomics Journal, 4, 95–101.

Rahman, rahman, Fendy Hariatama, Hidayati, & Sundari. (2024). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Generasi – Z di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Pengabdian Kampus : Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 11(1), 62–67. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v11i1.12192

Sundari, S., Riadi, E., Alexandro, R., H, F. H., & Merisa Oktaria. (2022). Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba : Studi Kasus Pada Cokelat Klasik Palangka Raya. Edunomics Journal, 3(1), 1–10. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/14748

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Lenlioni, L., Sundari, S., Buji, G. E., Rakhmawati, D., Eriawaty, E., & Rohaetin, S. . (2024). Sosialisasi Kiat Sukses Wirausahawan Untuk Memulai Dan Mengembangkan Usaha Bagi Pemula Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Abdi Kahayan, 1(1), 33–41. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jak/article/view/16743