PENGUATAN KEMITRAAN DALAM PENGEMBANGAN MINAT KEWIRAUSAHAAN PADA HIMA PS TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Kata Kunci:
kemitraan, kewirausahaan, pengembangan usahaAbstrak
Model penguatan kemitraan dalam pengembangan usaha bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada warga belajar agar mampu untuk menjalankan kemitraan dengan lembaga, intansi, dan dunia usaha dan industri dalam mencari solusi permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usaha. model ini diperuntukan bagi pengelola, instruktur dan stakeholder sebagai acuan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan. Proses penguatan kemitraan dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang langkah-langkah kemitraan dan mempraktekan langsung ke calon mitra yang dapat memberikan solusi permasalahan. Praktek kemitraan dilakukan pada mahasiswa PS Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Pertanian UPR.Tujuan dari kegiatan ini adalah membangun keberlanjutan kemitraan dengan THP Squad, memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan usaha pada mitra dan memotivasi terbangunnya mental wirausaha.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024 mulai pukul 09.00-11.30 WIB bertempat di Fakultas Pertanian UPR. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi dan membangun mental wirausaha diperlukan keberanian untuk mengambil risiko, tekad yang kuat untuk menghadapi tantangan, dan semangat untuk terus belajar dan berkembang untuk meraih kesuksesan
Unduhan
Referensi
Bygrave, W.D. 1994. The Portable MBA in Entrepreneurship. New York: John. Willey & Sons, Inc
Dwinanda, I. G. ., Adelia, K. A. C. ., Kurniati, E. ., Putra, K. N. ., & Thareq, S. I. . (2024). PEMBUATAN DODOL PAKEN (DURIO ZIBETHINUS SP.) KHAS KALIMANTAN PADA IBU PKK KELURAHAN MENTENG UNTUK MENDUKUNG EKONOMI KREATIF KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 656-662. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i1.1013
Eriawaty, E., Rahman, R., Putra, K. N., Sintani, D., & Hariansono, H. W. (2024). Pelatihan Pegembangan Produk dan Teknik Pemasaran Pada Peternak Lebah Madu Kelulut. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/abi.v5n1.p43-49
Faizal, A, & Rahayu, E. (2018). Model Kemitraan dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Perdesaan. Jurnal ilmu Kesjahteraan Sosiall, 19(2), 145. DOI:10.7454/jurnalkessos.v19i2.171
Putra, K. N., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., Mentari, T., & Alexandro, R. (2023). Mengungkap Makna Akuntansi Pada UMKM di Kota Palangka Raya. Edunomics Journal, 4(1), 95–101. https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.10376
Putra, K. N., Alexandro, R., Amelia, V. R., Widyaningsih, D. S., & Mentari, T. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital Pada UMKM di Kota Palangka Raya: Digital-Based Financial Report Preparation Training for Micro, Small, and Medium Enterprises in Palangka Raya City. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(6), 848–854. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i6.5583
Rhenald Kasali. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tyas Wara Sulistyaningrum, Ivone Christiana , Elga Araini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.