Pelatihan Pengolahan Telur Asin dalam Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Penulis

  • Grace Evelina Buji Universitas Palangka Raya
  • Liling Lenlioni Universitas Palangka Raya
  • Fendy Hariatama Universitas Palangka Raya
  • Sundari Sundari Universitas Palangka Raya
  • Sri Rohaetin Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jak.v2i1.19823

Kata Kunci:

kewirausahaan, pelatihan mahasiswa, pengolahan telur asin

Abstrak

Salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran lulusan perguruan tinggi adalah dengan membekali mahasiswa dengan keterampilan kewirausahaan yang dapat diterapkan secara langsung. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Palangka Raya melalui pengolahan telur asin. Metode yang dilakukan yaitu melalui praktik langsung pengolahan telur asin. Hasil pengabdian melalui pelatihan  pengolahan  telur  asin  terbukti  efektif  dalammeningkatkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa, baik dari segi teknis maupun manajerial. Dengan dukungan institusional yang memadai, program ini dapat menjadi model pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa pendidikan ekonomi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Anwar, I., & Saleem, I. (2019). Entrepreneurial intention among female university students: Examining the moderating role of entrepreneurial education. Journal of International Business and Entrepreneurship Development, 12(3), 217–230. https://doi.org/10.1504/JIBED.2019.10022245

Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat pengangguran terbuka Indonesia tahun 2023. BPS Indonesia. https://www.bps.go.id

Buji, G. E., et al (2020). Peran UMKM industri kerajinan dalam mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan di Kota Palangka Raya: Studi kasus industri aksesoris khas Dayak. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Regional, 6(2), 150-168. https://e- journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/18854

Kementerian Pertanian. (2022). Tren konsumsi telur ayam di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian. https://www.pertanian.go.id

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development.

Prentice Hall.

Mintardjo, T., Susanti, A., & Rahman, T. (2020). Peran inovasi dalam kewirausahaan: Perspektif teori Schumpeter dan Stevenson. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(2), 125–140. https://doi.org/10.9744/jmk.22.2.125-140

Richie, J. (2014). Qualitative research practice: A guide for social science students and researchers (2nd ed.). SAGE Publications.

Rinaldi, Y., & Safitri, N. (2020). Peran kewirausahaan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 19(1), 45–56. https://doi.org/10.20473/jek.v19i1.2020

Sarasvathy, S. D. (2001). Causation and effectuation: Toward a theoretical shift from economic inevitability to entrepreneurial contingency. Academy of Management Review, 26(2), 243–263. https://doi.org/10.5465/amr.2001.4378020

Silamat, K., Raharjo, R., & Suryadi, A. (2023). Pengaruh pelatihan kewirausahaan terhadap niat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 8(1), 56–72. https://doi.org/10.21009/JPEK.081.05

Yanuarsari, S., Wibowo, S., & Ramadhani, N. (2023). Kesiapan mahasiswa dalam menjalankan usaha setelah mengikuti program pelatihan kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Terapan, 12(3), 189–205. https://doi.org/10.33005/jet.v12i3.301

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-07

Cara Mengutip

Buji, G. E., Lenlioni, L., Hariatama, F. ., Sundari, S., & Rohaetin, S. . (2025). Pelatihan Pengolahan Telur Asin dalam Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Kahayan : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.37304/jak.v2i1.19823
Abstrak viewed = 0 times