PELAKSANAAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) ANGKATAN 2 DI SMK NEGERI 5 PALANGKA RAYA TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.20950Kata Kunci:
Pendidikan, Teknologi, dan KeterampilanAbstrak
Pendidikan merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Pendidikan diwujudkan dengan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dalam pengertian yang sederhana dan umum makna pendidikan sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih sepadan dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat. Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Unduhan
Referensi
An-Nisa, Y. N dan Legowo, M. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi dan Motivasi di SD Negeri Poter 2 Bangkalan
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di perguruan tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783-790.
Febriati, F. Haling, A. Yusuf, R. A. (2020). Analisis Adaptasi Teknologi Program Kampus Mengajar Pada Kemampuan Mengoperasikan Microsoft Word Siswa Kelas Vi Sd Inpres 10/73 Pancaitana Kabupaten Bone. Makassar: Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pemdidikan Universitas Negeri Makassar.
Iflaha, N. (2020). Program Literasi Dalam Mengembangkan Wawasan dan Pengetahuan Siswa. Lumajang: STIS Miftahul Ulum Lumajang
Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan soft skill melalui kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Proyeksi, 17(1), 112-126.
Lestari, M. W, Rahmadani, I. N, Huda, M, Naim, H, Kusuma, A. R, Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Muchtar, A. A., Wahyudin, Y., Niarrofah, N., & Muthiah, S. (2023). Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 249-258.
Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480-492.
Pratika, M. G. (2024). Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi. Yogyakarta: Program Studi Sastra Inggris, Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmawati, D. A. (2022). Program Kampus Mengajar 3 di SMP Margaluhur Karangmojo. Yogyakarta: Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eka Taufiqur Rahman, Anisa, Devin Tesario Grunadi, Wili Yohanes Batara, Mannisa Rahayu, Vinshenko B. Tambun, Gerald Benarrivo Gultom, Widya Lestari, Maura Rahmawati, Marcelena Eva Ngelista, Sambarani Ratnaningtyas, Neny Sukmawatie, Lulu Mauri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






