Sosialisasi Model-Model Pembelajaran Inovatif di SDN 3 Lemo 1 Kabupaten Barito Utara
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22139Kata Kunci:
Sosialisasi, Model Pembelajaran InovatifAbstrak
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk menjawab tantangan rendahnya penerapan model pembelajaran inovatif di SDN 3 Lemo 1 Kabupaten Barito Utara, yang masih didominasi metode konvensional. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam memahami dan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang aktif dan kontekstual sesuai semangat Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi teori model pembelajaran inovatif, pelatihan penyusunan RPP, micro teaching, simulasi kelas, serta pembuatan media ajar berbasis potensi lokal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan model seperti Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Project Based Learning. Evaluasi melalui kuisioner dan observasi mengungkapkan bahwa guru merasa lebih percaya diri, kreatif, dan kolaboratif dalam mendesain pembelajaran. Program ini juga berhasil memunculkan perubahan paradigma pengajaran dari teacher-centered menjadi student-centered. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kualitas pendidikan dasar di daerah terpencil, dan direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain dengan karakteristik serupa.
Referensi
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., & Saputra, R. (2023). MODEL & METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Teori dan Panduan Praktis).Kota Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Barella, Y., Naro, W., Tanjungpura, U., & Alauddin Makassar, U. (2024). Indonesian Research Journal on Education Model-model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Indonesian Research Journal on Education, 4, 142–146.
Dewayanti, N. P., Sugiharti, R. E., & Rikmasari, R. (2024). Pemilihan Model Pembelajaran Yang Inovatif Dalam Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Desa Sukabungah. Jurnal An-Nizām : Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 3(1), 232–239.
Fitrianti, H., Irawan, F., & Tambaip, B. (2022). Sosialisasi Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Yapis Merauke Bagi Guru Pg-Paud. 2(4), 49–57. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif
Juwati, Satinem, & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Model Pembelajaran Inovatif Bagi Mahasiswa Stkip Pgri Lubuklinggau . JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 88–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v4i1.1424
Maryam. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dan Model Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Guru Mengajar Pada UPT SD Negeri 231 Pinrang Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Al-Ibrah, X(September), 107–122.
Mustafa, Faizal, Yusuf, H., & Said, A. (2024). Sosialisasi Praktik Pembelajaran Inovatif di UPTD SLB PK-LK Negeri Bonde-Bonde Sulawesi Barat. Paramacitra : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(02), 76–85.
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853
Susilawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar Di Smp Pesat Bogor. Jurnal Teknodik, 41–54. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.367
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 rahman rahman, Helmi Helmi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.