PENGUATAN KOMPETENSI CALON GURU EKONOMI MELALUI PENINGKATAN KEILMUAN DAN PROFESIONAL DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI

Penulis

  • Merisa Oktaria Universitas Palangka Raya
  • Kharisma Nugraha Putra Universitas Palangka Raya
  • Hidayati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22563

Kata Kunci:

Kata kunci : penguatan kompetensi, calon guru ekonomi, akuntansi, pembelajaran daring, profesionalisme

Abstrak

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi keilmuan dan profesional calon guru ekonomi melalui penguatan pemahaman dalam mata kuliah akuntansi. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting selama lima minggu, yaitu mulai tanggal 2 Februari hingga 6 Maret 2025. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyampaian materi secara interaktif, diskusi kelompok. Materi yang diberikan mencakup penguatan konsep dasar akuntansi dan strategi pembelajaran yang kontekstual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap materi akuntansi. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam praktik pembelajaran inovatif secara daring. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung kesiapan mahasiswa sebagai calon pendidik ekonomi yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.

 

Referensi

Alexandro, R., Putri, W. U., Hariatama, F., Oktaria, M., & Sundari. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13 (2), 92–108. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3717/2846

Gaol, J. L., Alexandro, R., Oktaria, M., & Putra, K. N. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Kristen Palangka Raya. Jurnal, 5 (1), 100–107.

Howieson, B. (2003). Accounting practice in the new millennium: Is accounting education ready to meet the challenge? The British Accounting Review, 35 (2), 69–103. https://doi.org/10.1016/S0890-8389(03)00004-0 Indonesia. (2005).

Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.

Marriott, P. (2004). Using computer-assisted assessment to support diagnostic teaching: Students' views and opinions. Accounting Education, 13 (1), 55–68. https://doi.org/10.1080/0963928042000310786

Rosyidah, N., & Zulela, M. S. (2020). Pengaruh kinerja guru dan disiplin kerja terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 6 (2), 45–53.

Putra, K. N., Hidayati, H., & Oktaria, M. (2024). Theory of Planned Behavior: Implikasi Teori Dalam Menjelaskan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan. Edunomics Journal, 5 (2), 215-225. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/14704

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Oktaria, M., Nugraha Putra, K., & Hidayati. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI CALON GURU EKONOMI MELALUI PENINGKATAN KEILMUAN DAN PROFESIONAL DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI. Kahayan : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 18–26. https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22563