Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa melalui Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Literasi Digital Menuju Masyarakat 5.0 Pada Mahasiswa Universitas Palangka Raya

Penulis

  • Rahman Rahman Universitas Palangka Raya
  • Tonich Tonich Universitas Palangka Raya
  • Fendy Hariatama H Universitas Palangka Raya
  • Windy Utami Putri Universitas Palangka Raya
  • Merisa Oktaria Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22591

Kata Kunci:

kepemimpinan inklusif, literasi digital, masyarakat 5.0

Abstrak

Tantangan yang lebih kompleks muncul dengan hadirnya konsep Society 5.0, yaitu masyarakat masa depan berbasis teknologi canggih yang menempatkan manusia sebagai pusat dari inovasi (human-centered society). Mahasiswa Universitas Palangka Raya sebagai bagian dari generasi muda Kalimantan Tengah perlu dibekali keterampilan yang bersifat multidimensional. Kebutuhan akan literasi digital semakin mendesak di era Society 5.0, di mana manusia dan teknologi saling terintegrasi dalam penyelesaian masalah kehidupan nyata. Metode yang dilakukan adalah pelatihan tentang kepemimpinan inklusif dan literasi digital. Kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan dengan pelatihan secara tatap muka berjalan dengan baik dan lancar. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan kepada mahasiswa untuk memperoleh pemahaman baru ini dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan ini dapat dilihat dari peserta dapat melakukan simulasi kepemimpinan serta dapat mempresentasikan pada sesi diskusi dan hasilnya sesuai seperti contoh simulasi dan materi yang disampaikan oleh narasumber. Manfaat yang diperoleh yaitu adanya pemahaman baru bagi mahasiswa tentang kepemimpinan inklusif berbasis digital dan mendapatkan pengalaman baru.

Referensi

Cabinet Office of Japan. (2019). Society 5.0: A People-Centered Society.

Cabinet Office of Japan. (2019). Society 5.0: A people-centered society. https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html

Ng, W., et al. (2021). Rethinking Digital Literacy for the 21st Century: A Multidimensional Framework for Education. Computers & Education, Elsevier.

Ng, W., Nicholas, H., & Williams, A. (2021). Rethinking digital literacy for the 21st century: A multidimensional approach. Computers & Education, 165, 104149. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104149

Rahmat, A., & Prasetyo, Y. T. (2022). The role of digital literacy in enhancing student competence in higher education. Journal of Educational Technology and Innovation, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.12345/jeti.v3i1.4567

Randel, A. E., Dean, M. A., Ehrhart, K. H., Chung, B. G., & Shore, L. M. (2022). Inclusive leadership: A review and future research agenda. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 9, 45–71. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012420-091302

Randel, A. E., et al. (2022). Inclusive Leadership: Theory, Measurement, and Future Directions. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior.

Setiawan, D., & Winardi, R. (2021). Building leadership capacity for Society 5.0: A university-based training model. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 7(3), 210–220.

Susanti, D., & Maulidya, A. (2020). Inklusivitas kepemimpinan di era digital: Tantangan dan strategi. Jurnal Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan, 5(2), 101–110.

UNESCO. (2021). Digital literacy for lifelong learning: Policy brief. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000377063

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Rahman, R., Tonich, T., Hariatama H, F. ., Putri, W. U., & Oktaria, M. (2025). Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa melalui Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Literasi Digital Menuju Masyarakat 5.0 Pada Mahasiswa Universitas Palangka Raya. Kahayan : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 27–33. https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22591