Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa melalui Pelatihan Kepemimpinan Inklusif dan Literasi Digital Menuju Masyarakat 5.0 Pada Mahasiswa Universitas Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22591Kata Kunci:
kepemimpinan inklusif, literasi digital, masyarakat 5.0Abstrak
Tantangan yang lebih kompleks muncul dengan hadirnya konsep Society 5.0, yaitu masyarakat masa depan berbasis teknologi canggih yang menempatkan manusia sebagai pusat dari inovasi (human-centered society). Mahasiswa Universitas Palangka Raya sebagai bagian dari generasi muda Kalimantan Tengah perlu dibekali keterampilan yang bersifat multidimensional. Kebutuhan akan literasi digital semakin mendesak di era Society 5.0, di mana manusia dan teknologi saling terintegrasi dalam penyelesaian masalah kehidupan nyata. Metode yang dilakukan adalah pelatihan tentang kepemimpinan inklusif dan literasi digital. Kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan dengan pelatihan secara tatap muka berjalan dengan baik dan lancar. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan kepada mahasiswa untuk memperoleh pemahaman baru ini dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan ini dapat dilihat dari peserta dapat melakukan simulasi kepemimpinan serta dapat mempresentasikan pada sesi diskusi dan hasilnya sesuai seperti contoh simulasi dan materi yang disampaikan oleh narasumber. Manfaat yang diperoleh yaitu adanya pemahaman baru bagi mahasiswa tentang kepemimpinan inklusif berbasis digital dan mendapatkan pengalaman baru.
Referensi
Cabinet Office of Japan. (2019). Society 5.0: A People-Centered Society.
Cabinet Office of Japan. (2019). Society 5.0: A people-centered society. https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html
Ng, W., et al. (2021). Rethinking Digital Literacy for the 21st Century: A Multidimensional Framework for Education. Computers & Education, Elsevier.
Ng, W., Nicholas, H., & Williams, A. (2021). Rethinking digital literacy for the 21st century: A multidimensional approach. Computers & Education, 165, 104149. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104149
Rahmat, A., & Prasetyo, Y. T. (2022). The role of digital literacy in enhancing student competence in higher education. Journal of Educational Technology and Innovation, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.12345/jeti.v3i1.4567
Randel, A. E., Dean, M. A., Ehrhart, K. H., Chung, B. G., & Shore, L. M. (2022). Inclusive leadership: A review and future research agenda. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 9, 45–71. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012420-091302
Randel, A. E., et al. (2022). Inclusive Leadership: Theory, Measurement, and Future Directions. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior.
Setiawan, D., & Winardi, R. (2021). Building leadership capacity for Society 5.0: A university-based training model. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 7(3), 210–220.
Susanti, D., & Maulidya, A. (2020). Inklusivitas kepemimpinan di era digital: Tantangan dan strategi. Jurnal Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan, 5(2), 101–110.
UNESCO. (2021). Digital literacy for lifelong learning: Policy brief. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000377063
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahman Rahman, Tonich Tonich, Fendy Hariatama H, Windy Utami Putri, Merisa Oktaria

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.