SOSIALISASI PENANGANAN LUKA RINGAN YANG TEPAT DI SMK PGRI 1 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i2.22610Kata Kunci:
pengabdian masyarakat, Risiko kesehatan, metode simulasi, keterampilan siswa, edukasi kesehatanAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada siswa dalam penanganan awal luka ringan melalui pendekatan edukatif interaktif berbasis simulasi dan demonstrasi. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa SMK PGRI 1 Kota Serang, khususnya dari program keahlian Teknik Mesin dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, yang memiliki risiko tinggi mengalami cedera saat kegiatan praktik. Metode pelaksanaan meliputi pemberian materi edukasi mengenai klasifikasi luka, pencegahan infeksi, serta teknik perawatan luka, yang dilanjutkan dengan sesi praktik menggunakan peralatan pertolongan pertama dasar. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa dalam manajemen luka ringan. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, keterlibatan aktif dalam diskusi, serta kemampuan yang baik dalam menerapkan teknik perawatan luka secara tepat selama sesi praktik. Selain itu, edukasi berkelanjutan dinilai penting dalam membentuk kemandirian siswa dalam menangani luka ringan secara tepat dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul.
Referensi
Aji, P. . (2019). . Identifikasi Cedera Dan Penanganan Cedera Saat Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Universitas Negeri yogyakarta.
Ardaya FW., Supriyono, (2022), Identifikasi dan Penanganan Cedera pada Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar di Kecamatan Tengaran, Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3 (1) (2022) : 106-112.
Fatmawati S, Wulandari R. (2019). Perawatan Luka Sederhana Kecelakaan Kerja di Rumah Tangga di Kelurahan Nusukan Surakarta. Gemassika VoL. 3 No.1 Mei 2019. Doi: https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.359.
Hidayat, A., & Kusuma, T. (2021). Sosialisasi Kesehatan di Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Edukasi Interaktif, 10(1), 25-38.
Mustamu, A.C., Mustamu, H.L., Hasim, N.H., 2020. Peningkatan Pengetahuan dan Skill Dalam Merawat Luka. J. Pengabdi. Masy. Sasambo 1, 103. https://doi.org/10.32807/jpms.v1i2.4 83
Ristanto, R., 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Simulasi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan. J. Kesehat. Mesencephalon 5, 83–87. https://doi.org/10.36053/mesenceph alon.v5i2.109
Wintoko, R., Yadika, A.D.N., 2020. Manajemen Terkini Perawatan Luka. JK Unila 4, 183–189.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rini Setiawati, Ade Rahayu Prihartini, Retno Kumalasari, Maesaroh Maesaroh, Febrina Nugrahin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.