Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak di Daerah Pesisir Pantai SDN Pulo Panjang I Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang

Penulis

  • Ade Rahayu Prihartini Universitas Bina Bangsa
  • Maesaroh Maesaroh Universitas Bina Bangsa
  • Muhammad Imam Alfarizi Universitas Bina Bangsa
  • Melisa Melisa Universitas Bina Bangsa
  • Mas Ayu Refina Oktaviani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.22707

Kata Kunci:

Pembelajaran bahasa Inggris

Abstrak

Bahasa Inggris berperan penting bagi anak sekolah, baik untuk pengembangan pribadi, akademik, maupun masa depan anak bangsa. Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa universal karena digunakan secara luas di berbagai negara sebagai bahasa utama. Selain itu, bahasa ini juga menjadi salah satu bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai atau dipelajari. Pembelajaran bahasa Inggris sebaiknya dimulai sejak usia pra-sekolah, karena pada tahap ini anak-anak lebih mudah menyerap dan mengembangkan kemampuan bahasa tersebut. Pembelajaran sejak dini juga memberikan dampak positif terhadap penguasaan bahasa Inggris ketika mereka melanjutkan ke jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu tujuan dari kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris ini diharapkan dapat meningkatkan  motivasi  belajar  bahasa  Inggris  dan  turut berdampak terhadap  prestasi  belajar  di  sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jak.v2i3.22707 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.22707
Lihat: 11 | ##article.downloads##: 4

Referensi

Aprianto, D., Innudin, M., Nyoman Miyarta Yasa, I., & Handayani, S. (2021). JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter Pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing bagi anak-anak usia sekolah di Dusun Lendang Jawa. 121–134. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb

Aswan. (2016). BUKU STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM+.

Byslina Maduwu. (2016). PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH. https://journal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/207/202

Heriyanto, D., Widiyono, I. P., Hapsari, N., & Maslikhah, N. L. (2025). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 20–26. https://doi.org/10.53863/abdibaraya.v4i01.1505

Hijriyah, A., Ali, M., Busri Endang Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan, & Untan Pontianak, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Di Tk. 1–11.

Iwan, F. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan (Issue 4). www.juliwi.com

Kurniawan, & Andriani, R. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU.

Luh, N., Liswahyuningsih, G., Bahasa, F., & Seni, D. (2025). SANDIBASA III (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 3(1).

Mustofa Abi Hamid. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Prihartini, A. R., Maesaroh, M., Imam Alfarizi, M., Melisa, M., & Ayu Refina Oktaviani, M. (2025). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak di Daerah Pesisir Pantai SDN Pulo Panjang I Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang. Kahayan : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 01–06. https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.22707