Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak di Daerah Pesisir Pantai SDN Pulo Panjang I Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.22707Kata Kunci:
Pembelajaran bahasa InggrisAbstrak
Bahasa Inggris berperan penting bagi anak sekolah, baik untuk pengembangan pribadi, akademik, maupun masa depan anak bangsa. Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa universal karena digunakan secara luas di berbagai negara sebagai bahasa utama. Selain itu, bahasa ini juga menjadi salah satu bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai atau dipelajari. Pembelajaran bahasa Inggris sebaiknya dimulai sejak usia pra-sekolah, karena pada tahap ini anak-anak lebih mudah menyerap dan mengembangkan kemampuan bahasa tersebut. Pembelajaran sejak dini juga memberikan dampak positif terhadap penguasaan bahasa Inggris ketika mereka melanjutkan ke jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu tujuan dari kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris dan turut berdampak terhadap prestasi belajar di sekolah.
Unduhan
Referensi
Aprianto, D., Innudin, M., Nyoman Miyarta Yasa, I., & Handayani, S. (2021). JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter Pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing bagi anak-anak usia sekolah di Dusun Lendang Jawa. 121–134. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb
Aswan. (2016). BUKU STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM+.
Byslina Maduwu. (2016). PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH. https://journal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/207/202
Heriyanto, D., Widiyono, I. P., Hapsari, N., & Maslikhah, N. L. (2025). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 20–26. https://doi.org/10.53863/abdibaraya.v4i01.1505
Hijriyah, A., Ali, M., Busri Endang Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan, & Untan Pontianak, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Di Tk. 1–11.
Iwan, F. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan (Issue 4). www.juliwi.com
Kurniawan, & Andriani, R. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU.
Luh, N., Liswahyuningsih, G., Bahasa, F., & Seni, D. (2025). SANDIBASA III (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 3(1).
Mustofa Abi Hamid. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ade Rahayu Prihartini, Maesaroh Maesaroh, Muhammad Imam Alfarizi, Melisa Melisa, Mas Ayu Refina Oktaviani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






