Gerakan Literasi Budaya: Pemanfaatan Cerita Huma Betang sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Naratif di SMP
DOI:
https://doi.org/10.37304/jak.v2i3.23520Kata Kunci:
Huma Betang, Teks Naratif, Literasi, Kearifan Lokal, SiswaAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa SMP melalui pemanfaatan cerita Huma Betang sebagai media pembelajaran berbasis kearifan lokal. Nilai-nilai luhur Huma Betang seperti kebersamaan, toleransi, dan gotong royong diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran sehingga siswa tidak hanya memperoleh kemampuan literasi, tetapi juga pemahaman budaya yang lebih mendalam. Kegiatan ini dilaksanakan melalui rangkaian pelatihan menulis kreatif, pendampingan kelas, serta penyediaan modul pembelajaran berbasis cerita Huma Betang. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi, eksplorasi cerita, dan praktik menulis naratif secara bertahap. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, mampu mengembangkan ide cerita dengan lebih terstruktur, serta menunjukkan peningkatan kemampuan dalam unsur kebahasaan, alur, dan kreativitas. Selain itu, guru mendapatkan alternatif model pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Program ini diharapkan dapat menjadi model penguatan literasi berbasis budaya lokal yang dapat direplikasi di sekolah lain, sekaligus menjadi upaya pelestarian nilai-nilai Huma Betang di kalangan generasi muda.
Unduhan
Referensi
Amami, D. Y. (2024). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Batu dengan menggunakan media gambar berseri. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 0066(2023), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v5i2.27315
Baddak, K. V, Yustha, Y., & Manya. (2019). Study on The Utilization of Betang Tumbang Anoi as a Source of Lokal History Learning in Central Kalimantan Abstrak PENDAHULUAN Pembelajaran sejarah secara umum dinilai dan dianggap oleh siswa tidak terlalu Karena guru sejarah hanya Guru menyatakan bahwa. Anterior Jurnal, 19(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v19i1.1169
Ferando, M. F., Bardi, Y., Kristianus, Y., Raja, F., Rada, M. M., Mude, M. R., Ngasu, P., Selviana, P., Pendidikan, I., Kewarganegaraan, P., Maumere, U. M., Pendidikan, I., Bahasa, P., & Maumere, U. M. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia budaya mereka . Berdasarkan laporan Programme for International Student Asesment ( PISA ) 2018 , Indonesia menempati peringkat yang cukup rendah dalam kemampuan. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 301–316. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1486
Herman, Munandar, H., Annisa, & Apriani, T. (2022). Huma Betang Philosophy Based on Social Studies Learning Through E- Book Application. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 34–45. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/iis
Muttaqin, Z., Ismawati, E., Kholid, K., & Adawiyah, R. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NENGGALA LOMBOK UTARA. Jurnalistrendi : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 9(2), 318–334. https://doi.org/https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i2.2285
Purnawati, F. D., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2025). Penerapan Media Digital dan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 8(4), 499–512. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v8i4.4831
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 rahman rahman, Diplan Diplan, Helmi Helmi, Fendy Hariatam H

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






