Pengaruh pembelajaran ekonomi terhadap minat berinvestasi siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Bun: Analisis regresi linear
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v5i1.13702Keywords:
Pembelajaran ekonomi, minat berinvestasi, SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Uji Regresi LinierAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ekonomi terhadap minat berinvestasi siswa di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan data primer dari 71 siswa yang dipilih secara quota sampling berdasarkan Teori Slovin dari total 247 siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji Regresi Linier sederhana menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi siswa kelas XI. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS meliputi nilai koefisien signifikansi (R²), Uji F, Uji t, dan uji normalitas satu sampel. Instrumen penelitian adalah kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan melalui Google Form. Nilai reliabilitas instrumen diukur menggunakan Cronbach Alpha > 0,70, menunjukkan bahwa semua variabel reliabel. Nilai R² sebesar 84,6% menunjukkan bahwa variabel minat berinvestasi (Y) dipengaruhi oleh pembelajaran ekonomi (X) sebesar 71,6%, dengan sisa 15,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi 0,000 mengindikasikan pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y. Rumus regresi yang dihasilkan adalah Y = 1.801 + 1.268X, menunjukkan pengaruh positif pembelajaran ekonomi terhadap minat berinvestasi siswa.