Pemanfaatan LKPD Digital berbasis Konstektual Terintegrasi dalam Aplikasi ClassPoint untuk melatih literasi digital

Authors

  • Miokti Yessi SMAN 7 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v5i1.13706

Keywords:

LKPD Digital, ClassPoint, pembelajaran kontekstual, literasi digital

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut semua generasi dan semua tingkatan pendidikan untuk memiliki kemahiran teknologi yang baik dan literasi digital yang handal. Literasi digital saat ini menjadi sangat penting terutama di dunia pendidikan, di mana peserta didik harus terampil dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran di kelas. Selain itu, para pendidik juga perlu memiliki kemampuan literasi digital yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan literasi digital dan tanggapan peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital yang terintegrasi dalam aplikasi ClassPoint dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang menggambarkan semua elemen yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital peserta didik mencapai 77,8%, yang menunjukkan kualitas yang baik. Sementara itu, rata-rata tanggapan peserta didik terhadap media mencapai 95,97%, menunjukkan kualitas yang sangat baik. Tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual mencapai 86,67%, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan LKPD digital berbasis kontekstual yang terintegrasi dalam aplikasi ClassPoint dapat meningkatkan literasi digital peserta didik. Sebagai hasilnya, direkomendasikan untuk melakukan penelitian lanjutan di mata pelajaran lain yang memiliki karakteristik serupa dengan kimia. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya memfokuskan pada literasi digital, sehingga penelitian lanjutan bisa meluas ke aspek lain atau ruang lingkup yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Yessi, M. (2024). Pemanfaatan LKPD Digital berbasis Konstektual Terintegrasi dalam Aplikasi ClassPoint untuk melatih literasi digital. Journal of Environment and Management, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.37304/jem.v5i1.13706