Studi keterlibatan karyawan pada Lembaga Teknologi Informasi dan Bisnis “ELTIBIZ” Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jem.v2i1.2659Keywords:
Kepemimpinan melayani, budaya lembaga, keterlibatan karyawan dan keunggulan bersaingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kepemimpinan melayani dan budaya lembaga Terhadap keunggulan bersaing Melalui keterlibatan karyawan Sebagai Variabel Intervening pada “ELTIBIZ” Palangka Raya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksplatori (research explanatory). Sampel penelitian ini berjumlah 39 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial model Structural Equation Modeling(SEM) dengan menggunakan pendekatan Partial least square (SEM-PLS) serta uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani secara langsung dapat meningkatkan keterlibatan karyawan, namun pada keunggulan bersaing tidak berpengaruh nyata. Selanjutnya budaya melayani secara langsung dapat meningkatkan keterlibatan karyawan kerja dan keunggulan bersaing. Keterlibatan karyawan yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Selanjutnya keterlibatan karyawan yang tinggi dapat terbukti sebagai mediasi hubungan kepemimpinan melayani dan budaya lembaga terhadap keunggulan bersaing.