Pengaruh penguasaan TIK dan motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Raport K-13 di Gugus 2 Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan

Authors

  • Yahya Pahriadi SDN 2 Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten
  • Holten Sion Universitas Palangka Raya
  • Abdul Rahman Azahari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jem.v2i2.2944

Keywords:

Penguasaan TIK, motivasi kerja, aplikasi raport, Kurikulum 2013

Abstract

Pengolahan hasil belajar peserta didik dalam penilaian kurikulum 2013 dituangkan dalam bentuk raport menggunakan aplikasi raport K-13. Namun, sebagian guru masih terpola pada pengisian raport secara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan TIK dan motivasi kerja guru terhadap pengoperasian aplikasi raport K-13 secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif (kausal) dengan jumlah responden sebanyak 57 orang. Data dikumpulkan dengan angket  yang telah diuji instrument (uji validitas, uji reliabilitas) dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedatisitas dan uji autokorelasi).  Analisis dilakukan dengan regresi linier berganda (uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, Uji F, dan uji t.). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, kemampuan TIK guru berpengaruh sebesar 72,30% terhadap pengoperasian aplikasi raport K-13. Kedua, motivasi kerja guru berpengaruh sebesar 43,00%. terhadap kemampuan pengoperasian aplikasi raport K-13. Ketiga, kemampuan TIK dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh sebesar 72,20%. terhadap kemampuan pengoperasian aplikasi raport K-13.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Yahya Pahriadi, Holten Sion, & Abdul Rahman Azahari. (2021). Pengaruh penguasaan TIK dan motivasi kerja terhadap kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Raport K-13 di Gugus 2 Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Journal of Environment and Management, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.37304/jem.v2i2.2944